PEMBINAAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SEKOLAH ALAM(Studi Kualitatif di Sekolah Alam Indonesia-Business& Leadership Jakarta)

Lisa Fela, . (2016) PEMBINAAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SEKOLAH ALAM(Studi Kualitatif di Sekolah Alam Indonesia-Business& Leadership Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (105kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan, mengungkapkan, dan mengumpulkan data empirismengenai pembinaan karakter kepemimpinan dan dampaknya bagi pengembangan aspek-aspek kepemimpinan siswa di SAI-Bless. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa year 3 sebanyak lima orang, empat Key Informan, yaitu1 Wali Kelas year 3, 1 Kepala Sekolah, 1 Guru Ahlak, dan 1 Guru Discovering Me. Serta satu orang Expert Opinion, yaitu Ir. Lendonovo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembinaan karakter kepemimpinan siswa yang tercantum dalam kurikulum Sekolah Alam Indonesia Business and Leadership berupakegiatan dan assessment individumampu memberikan dampak pada diri siswa berupa munculnya 4aspekkepemimpinan dari 7 aspek yang diungkapkan oleh Ordwey Ted. Aspek ini berupamemberikan perintah utamanya saat menjadi ketua, mampu memberikan kritikan dan pujian kepada teman dan guru, mampu menunjukkan perubahan tingkah laku yang benar berupa jujur, tanggung jawab, komunikasi yang baik, serta kemampuan menentukan tujuan danarah setelah lulus. Selain itujuga mampu meredam kabar angin dan isu-isu yang tidak benar. Meskipun setiap anak memiliki kadar pencapaian yang berbeda, hal ini ditentukan dari pengalaman yang didapatkan pada jenjang persekolahan sebelumnya, bakat dan minat siswa pribadi, serta beberapa keterbatasan fisik siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Husen, M.Pd., ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H.,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Sep 2020 12:03
Last Modified: 22 Sep 2020 12:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item