PENERAPAN METODE TASK-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT BISNIS BAHASA INGGRIS (Penelitian Tindakan di Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Pembangunan Utan Kayu, Jakarta Timur)

CONNY RIANA DEWI MURTININGRUM, . (2020) PENERAPAN METODE TASK-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT BISNIS BAHASA INGGRIS (Penelitian Tindakan di Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Pembangunan Utan Kayu, Jakarta Timur). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover .pdf

Download (917kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB II.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak :Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris pada siswa kelas XII AP1 SMK Pembangunan Jakarta melalui metode Task-Based Learning model Willis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan yang berlangsung dua siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dengan presentase 52% meningkat pada siklus II menjadi 83 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Task-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat bisnis berbahasa Inggris yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Kata kunci ; Task-Based Learning; Menulis Surat Bisnis; Bahasa Inggris ***************** Abstract: The purpose of this study was to improve the skills of writing English business letters for students of class XII AP1 of Jakarta Pembangunan Vocational School through the Task-Based Learning method using Willis’ model. This study uses an action research design that lasts in two cycles. The Data is analyzed using quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The results of the study show that (1) the teacher's activity in the first cycle gets a score of 24 with good categories and increases in the second cycle with a score of 31 with a very good category. (2) Student activities in the first cycle with a percentage of 52% increased in the second cycle to 83%. (3) Student learning outcomes in the first cycle experienced classical completeness of 60% and increased in cycle II to 90%. The conclusion of this study shows that the application of the Task-Based Learning method can improve students' skills in writing English business letters which is characterized by increasing in teacher’s activities, student’s activities, and student’s learning outcomes. Keywords: Task-Based Learning; Writing Business Letters; English

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. ; 2). Dr. Asti Purbarini, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 6554 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2020 12:57
Last Modified: 02 Oct 2020 12:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item