KOPERASI SEBAGAI INSTITUSI EKONOMI UNTUK MENSEJAHTERAKAN GURU DI KECAMATAN CIKARANG BARAT, KABUPATEN BEKASI(Studi Kasus : Koperasi Guru Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi)

Moch Thawaf Komara, . (2016) KOPERASI SEBAGAI INSTITUSI EKONOMI UNTUK MENSEJAHTERAKAN GURU DI KECAMATAN CIKARANG BARAT, KABUPATEN BEKASI(Studi Kasus : Koperasi Guru Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
daftar isi skripsi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Fix bab 123 thawaf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (478kB)

Abstract

Koperasi sebagai institusi ekonomi dapat mensejahterakan anggota di Koperasi Guru Berdikari Bekasi (KGBB). Bagaimana koperasi sebagai institusi ekonomi dapat membantu pemerintah dalam mensejahterakan anggota dengan adanya koperasi inibertujuan untuk mendeskripsikan peran koperasi dalam menigkatkan kesejahteraan Guru di Koperasi Guru Berdikari Bekasi. Selain itu penelitian ini juga mengetahui manfaat yang diberikan koperasi bagi setiap guru yang menjadi anggota koperasi.Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatifdengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari ketua koperasi sebagai informan kunci, sekretaris koperasi dan 4 anggota koperasi sebagai informan pendukung. Lokasi dan waktu penelitian dilakukan di kantor Koperasi Guru Berdikari Bekasi pada November 2015 sampai Maret 2016. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi,wawancara, serta studi pustaka. Teknik triangulasi data dilakukan di kantor Koperasi Guru Berdikari Bekasi guna mendapatkan kebenaran yang kuat dari pada informan terkait yaitu pengawas Koperasi.Berdasarkan Hasil Penelitian yang dilakukan, koperasi memiliki peran yang dijalankan dalam mensejahterakan anggotanya. Peran tersebut dibagi ke dalam tiga program koperasi, yaitu program simpan pinjam anggota, program kredit barang dan jasa, serta pembagian sisa hasil usaha (SHU). Terdapat manfaat yang didapat oleh guru sebagai anggota dari Koperasi Guru Berdikari Bekasi ini, diantaranya yaitu meningkatkan penghasilan anggota, menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah, menumbuhkan sikap jujurdan terbuka, memperoleh pinjaman dengan mudah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M,Si ; 2). Dra. Rosita Adiani,MA
Subjects: Ilmu Sosial > Koperasi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Sep 2020 17:51
Last Modified: 24 Sep 2020 17:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item