MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) KATA KERJA DAN KATA BENDA MENGGUNAKAN MEDIA TRANSIBI PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Penelitian Subyek Tunggal di SLB B-C Cempaka Putih, Jakarta Pusat)

SOFYAN PRAYOGI, . (2020) MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) KATA KERJA DAN KATA BENDA MENGGUNAKAN MEDIA TRANSIBI PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Penelitian Subyek Tunggal di SLB B-C Cempaka Putih, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Transibi terhadap kemampuan penguasaan keterampilan isyarat SIBI pada peserta didik tunarungu. Subyek penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas III di SDLB B-C Cempaka Putih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan untuk menunjukkan kemampuan pada peserta didik tunarungu baik sebelum diberikan intervensi, saat diberikan intervensi, dan sesudah diberikan intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Transibi dapat meningkatkan kemampuan penguasaan isyarat SIBI kata kerja dan kata benda pada peserta didik tunarungu. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor baseline A1 dalam 3 pertemuan yaitu skor 5 dari skor maksimal 30 untuk kata kerja dan kata benda. Sedangkan tahap baseline A2 memperoleh skor 30 dari skor maksimal 30 dalam 3 pertemuan untuk kata kerja dan kata benda. Hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan media Transibi memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan penguasaan keterampilan isyarat SIBI pada peserta didik tunarungu. The objective of this study is to determine the effect of the use of media Transibi toward the ability of mastering skills of SIBI for students with hearing impairment. The subject of the research is the students with hearing impairment grade III in Cempaka Putih Special School. The method used in the research is the Single Subject Research (SSR) method by using the ABA design. The collection of data is through the test orally to demonstrate the ability of the students with hearing impairment while before given the intervention when given the intervention, and after given the intervention. The data analysis used in this study is an analysis in conditions. The results of the study showed that the use of media Transibi can improve the ability of the mastery of SIBI verbs and nouns to students with hearing impairment. It could be seen on the acquisition score baseline A1 in 3 sessions which are a score of 5 out of 30 for verbs and noun. While the phase baseline A2 obtained scores 30 out of 30 in three sessions for verbs and noun. It is can be said that the use of media Transibi has the effect to improve the ability of the mastery of skills SIBI for students with hearing impairment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Supena, M.Psi ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 6094 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2020 14:21
Last Modified: 28 Sep 2020 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item