WOMAN PRENEUR SEBAGAI KOMUNITAS SOSIO-EDUKASI KEWIRAUSAHAAN BAGI IBU RUMAH TANGGA(Studi Pada: Womanpreneur Community Bekasi)

Nova Madinati, . (2016) WOMAN PRENEUR SEBAGAI KOMUNITAS SOSIO-EDUKASI KEWIRAUSAHAAN BAGI IBU RUMAH TANGGA(Studi Pada: Womanpreneur Community Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK- DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
madina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan hasil pelatihan di Womanpreneur Communitydalam melakukan sosio-edukasi kewirausahaan bagi peserta ibu rumah tangga. Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Womanpreneur Communityyang berada di Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna mendapatkan gambaran proses dinamika pelatihan di Womanpreneur CommunityBekasi. Proses tersebut menciptakan sosio-edukasi dan jaringan sosial yang menunjang aktulaisasi dirinya untuk meningkatkan kualitas hidup dan keluarga dalam bentuk kegiatan berbisnis yang kemudian secara perlahan akan dampak kepada perubahan nilai-nilai sosial. Informan berjumlah 13 informan yang terdiri dari 1 sebagai FounderWPC, 3 mentor LO materi Pembelajaran di WPC, 1 Wakil WPCBekasi, 1 Seketaris WPC, 1 Mitr WPC, 6 Peserta Ibu Rumah Tangga WPCBekasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses pelatihan terbentuknya jaringan dan sosio-edukasi yang terjadi dalam kegiatan pelatihan Womanpreneur Community. Kegiatan pelatihan Womanpreneur Communitydapat dilihat pada peran sosio-edukasi yang diberikan kepada peserta ibu rumah tangga terdapat dalam proses pertama, pelatihan yang terjalinya transfer of knowledgesehingga terbentuknya nilai sosio-edukasi seperti percaya diri untuk meraih keberhasilan, mandiri, kerja keras, mengambil resiko,inovatif, memiliki tanggung jawab, memiliki etika dan moral. Kedua, Lingkungan yang mendukung dalam pengembangan usaha peserta ibu rumah tangga keterlibatan peserta ibu rumah tangga di Womanprenuer Communityseperti kegiatan SMESCO, seminar, Radio, Wokshop. Ketiga membangun jaringan, Womanpreneur Communityterdapat mitra-mitra kerja sama yang mendukung pelatihan dalam edukasi perempuan ibu rumah tangga yang memberikan akses relasi-relasi yang menunjang dalam berwirausaha. Mitra-mitra yang mendukung kegiatan pelatihan ini berupa yaitu, Indosat Ouredoo yang membeikan ruangan/kelas (fasilitas) dalam proses pelatihan. Kedua, Bni syariah memberikan gallery untuk mewadahi peserta ibu rumah tangga. Ketiga, Koran Sindo majalah sukses memberikan iklan dalam mempromosi usaha yang dijalankan. Keempat, Muara Foundation yang memerikan berupa uang. Kelima, Nerfititi memberikan berupa produk dalam proses pelatihan. Keenam, Excellent Grup memberikan materi kewirausahan kepada peserta Womanpreneur Community. Disimpulkan bahwa Womanpreneur Communitymerupakan salah satu wadah sosio-edukasi bagi ibu rumah tangga untuk berwirausaha

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eman Surachman, MM ; 2). Dewi Sartika, M. S
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Sep 2020 16:20
Last Modified: 26 Sep 2020 16:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item