PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Kasus: Gaya Hidup Perempuan Pengunggah Foto Makanan Pada Media Sosial di Jakarta )

Nurmarina Agriani Safitri, . (2016) PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Kasus: Gaya Hidup Perempuan Pengunggah Foto Makanan Pada Media Sosial di Jakarta ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK+DASI+KATPENG (AWALAN).pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 1+2+3+4+5 FIX SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (509kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai perilaku masyarakat perkotaan khususnya perempuan dalam menjalankan perilaku konsumsi kuliner yang diunggah ke media sosial berupa gambaran makanan sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Lokasi gaya hidup perkotaan yang dibahas yakni kota Jakarta, dimana berkembangnya berbagai tempat makan menarik. Perempuan pengunggah foto makanan sebagai informan sekaligus pelaku yang menjalankan gaya hidup khas perkotaan yakni mengunggah gambaran kuliner yang dikonsumsinya di akun media sosial. Kegiatanmengunggah foto makanan di media sosial memilikimakna dan motif tertentu didalamnya. Terjadinya perubahan orientasi konsumsi kuliner,dengan tujuan mencapaimotif yakni untuk memperoleh eksistensi dan menimbulkan kepada kecendrungan perilaku konsumerisme.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Informan kunci dari penelitian ini yaitu perempuan pengunggah foto makanan di media sosial yakni sebanyak enam orang yang terdiri dari 4 orang karyawan, dan 2 orang mahasiswi. Konsep yang digunakan yakni gaya hidup masyarakat modern, serta teori konsumsisimbol. Konsep gaya hidup disini yakni untuk membuktikan perubahan perilaku yang terjadi pada masyarakat perkotaan mengenai kegiatan konsumsi kuliner yang berubah menjadi kegiatan yang bermakna dimana mengkonsumsi tanda dan simbol sebagai aktualisasi gayahidup pengunggah foto makanan.Hasil penelitian menyatakan bahwaberawal dari hasrat dan minat akan konsumsi kuliner terlebih yang bercitarasa internasional sebagai kecendrungan selera kuliner kekinian, cenderung memberikan makna tersendiri bagi perempuanpengunggah foto makanan. Pada era masyarakat konsumtif kegiatan konsumsi tidak bersifat fungsional, tetapi obsesional. Dimana mengkonsumsi tidak berdasarkan kebutuhan fungsional, namun konsumsi simbolik. Dari kegiatan yang bermakna tersebut mereka dapat membentuk eksistensidari gambaran kuliner yang dikonsumsi, hal tersebut terjadi berulang dan menimbulkan ketertarikan secara terus-menerus dan menimbulkan konsumerisme bagi dirinya sehingga berpeluang menimbulkan masalah-masalah lainnya terlebih masalah keuangan pribadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM.,M.Si ; 2). Dian Rinanta Sari, S.Sos.,M.A.P
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Sep 2020 14:38
Last Modified: 28 Sep 2020 14:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item