MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN KECIL TANPA ALAT PADA SISWA KELAS III (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Jayasakti 02 Muaragembong-Bekasi)

EKO PURWA GUN GUN PRASETYO, . (2016) MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN KECIL TANPA ALAT PADA SISWA KELAS III (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Jayasakti 02 Muaragembong-Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
jurnal eko.pdf

Download (191kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan kreativitas gerak siswa melalui permainan kecil tanpa alat dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tahun 2015 di SDN Jayasakti 02 Kabupaten Bekasi dengan menggunakan metode spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan MC. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan/observasi, refleksi/evaluasi yang disusun berdasarkan acuan dalam penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Jayasakti 02 dimulai pada bulan September sampai bulan November 2015.Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh data pada siklus I kreativitas gerak sebesar 69.4%. siklus II menunjukan peningkatan yaitu sebesar 82.2%. sedangkan untuk data pemantauan tindakan pembelajaran dengan permainan kecil pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 68.33% dan pada siklus II mencapai peningkatan rata-rata persentase sebesar 81.66%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan permainan kecil dapat meningkatkan kreativitas gerak siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan permainan kecil tanpa alat dapat meningkatkan kreativitas gerak siswa kelas III SDN Jayasakti 02.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Andi Ali Saladin M.pd ; 2). Dra. Edwita M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:24
Last Modified: 05 Nov 2019 11:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item