PEMBINAAN KECERDASAN MORAL PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA DALAM BERORGANISASI (STUDI DI PIMPINAN PUSAT IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDATUL ULAMA, JAKARTA PUSAT)

Putri Utami Ramadhan, . (2016) PEMBINAAN KECERDASAN MORAL PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA DALAM BERORGANISASI (STUDI DI PIMPINAN PUSAT IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDATUL ULAMA, JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (574kB)
[img] Text
FILE 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
FILE 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
FILE 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
FILE 5.pdf

Download (509kB)
[img] Text
FILE 6.pdf

Download (139kB)
[img] Text
scanan lembar pengesahan, orisinalitas, publikasi, dan surat.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi yang mendalam berdasarkan data danfaktaempiris serta dapat dipercaya tentang pembinaan kecerdasanmoral pelajar putri Nahdlatul Ulama dalam berorganisasi di Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama tigabulan yaitu 23 Maret sampai dengan13Mei 2016.Penelitian ini menggunakan metode deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara delapan orang informan dan tiga orang keyinforman dianalisis secara deskriptif,selanjutnya data yang sudah dianalisis dikonfirmasi kepada expert opinionuntuk kemudian dibuat kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: pertama,organisasi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama telah menyusun berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membentuk kecerdasan moral kadernya. Kecerdasan moral yang ingin dicapai dan dibangun oleh IPPNU adalah nilai-nilai yang bersifat universal yaitu nilai-nilai karakter mabadi khairu ummah (nilai-nilai karakter jujur, dapat dipercaya dan menepati janji, bersikap adil, gotong royong, dankonsisten)dan karakter ahlussunnah wal jamaah(nilai-nilai untuk berperilaku moderat danadil, bersikap seimbang antara manusia, alam, dan tuhan, serta bersikap toleran). Kedua, program pembinaan kecerdasan moral di Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama saat ini masih berjuang pada tataran penanaman nilai-nilai moral saja tetapi belum banyak kegiatan pembiasan moral dan kegiatan aktivitas langsung yang dapat membangun kecerdasan moral kadernya.Program kegiatan pembinaan kecerdasan moral di IPPNU yaitu meliputi kegiatan pembinaan formal(kegiatan kaderisasi, pelatihan-pelatihan, seminar, dan lain-lain)dan non formal(kegiatan pembiasaan kultur organisasi misalnya dalam forum rapat, diskusi, silaturahmi dengan para kyaidan alumni IPPNU; serta pembinaan moral keagamaan seperti pengajian, tahlilan, dan ziarah). Ketiga, berdasarkan kegiatan pembinaan kecerdasan moral yang ada di organisasi IPPNU, kegiatan-kegiatan pembinaan kecerdasan moral dapat membangun kejujuran kaderIPPNU, bersikap adil, gotong royong, serta konsisten dalam menjalankan kegiatan yang sudah berlangsung secara berkelanjutan. Selain itu juga pembinaan kecerdasan moral di organisasi IPPNU dapat membangun perilaku kadernya menjadi kader yang moderat dalam bertindak dan berperilaku, dan mampu bersikap toleran terhadap orang yang berbeda suku, agama, ras, maupun budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M.Si. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, SH, MH
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Sep 2020 14:49
Last Modified: 13 Jun 2022 04:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item View Item