EFEKTIVITAS PRAKTIK PEMBELAJARAN MENTORING AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK DIMENSI KEBERAGAMAAN PESERTA MENTORING ICA FIS UNJ

Resti Habibah, . (2016) EFEKTIVITAS PRAKTIK PEMBELAJARAN MENTORING AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK DIMENSI KEBERAGAMAAN PESERTA MENTORING ICA FIS UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
full skripsi_resti fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN RESTI.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai seberapa besar efektivitas praktik pembelajaran mentoring Agama Islam dalam membentuk dimensi keberagamaan peserta mentoring ICA FIS UNJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey untuk mendeskripsikan isi penelitian. Pengukuran efektivitas terhadap 4 metode pembelajaran mentoring yakni ceramah, diskusi, studi kasus, dan penugasan dengan indikator praktik dimensi keberagamaan yang meliputi ritual, eksperensial, ideologi, intelektual, dan konsekuensial. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner, observasi, dan wawancara langsung kepada responden. Responden berjumlah 51 peserta mentoring yang berasal dari seluruh jurusan yang ada di FIS UNJ serta memiliki karakteristik sebagai peserta aktif mentoring ICA FIS UNJ yang telah dan sedang mengikuti mentoring minimal 1 tahun serta dari angkatan aktif tahun 2012 –2014. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Z One Sample Test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep dimensi keberagamaan dan sosialisasi keagamaan.Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa probabilitas < dari 0,05. Maka hipotesis alternatif diterima dengan pernyataan praktik pembelajaran mentoring agama Islam efektif dalam membentuk dimensi keberagamaan peserta mentoring ICA FIS UNJ. Studi kasus mendapat peringkat efektivitas tertinggi dalam membentuk keberagamaan pesertamentoring. Peringkat kedua, ketiga, dan keempat adalah ceramah, penugasan, dan diskusi. Studi kasus dianggap efektif meningkatkan ideologi dan konsekuensial peserta mentoring dengan tingkat efektivitas yang tinggi.Berdasarkan hasil penelitian, para mentor dan peserta yang melaksanakan kegiatan mentoring agama islam perlu meningkatkan praktik pembelajaran mentoring sebagai salah satu pendorong yang dapat meningkatkan dimensi keberagamaan para peserta mentoring. Sosialisasi keagamaan dalam praktik pembelajaran mentoring agama Islam memberikan preferensi keislaman dalam membentuk keberagamaan atau religiusitasmahasiswa muslim yang mengikuti kegiatan mentoring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdi Rahmat, M.Si ; 2). Dra.Rosita Adiani, MA
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 02 Oct 2020 09:25
Last Modified: 02 Oct 2020 09:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item