PEER GROUP SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI PADA REMAJA(Studi Kasus:Geng Recedivies di SMAN 3 Jakarta)

Revin Fulki Nabiha, . (2016) PEER GROUP SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI PADA REMAJA(Studi Kasus:Geng Recedivies di SMAN 3 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak inggris.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan lebih dalam mengenai sekelompok remaja yang membentuk Geng Recediviesdi SMAN 3 Jakarta. Geng Recediviesmerupakanfenomena gangsteryang cenderung negatif di lingkungan sekolah tersebut, namun keberadaannya tetap digandrungi oleh para siswa SMAN 3 Jakarta. Hal ini terlihat dari masih adanya siswa yang ikut dalamgeng Recediviestersebut. Permasalahan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini yaitu:Bagaimana peran peer groupdalam pembentukan kepribadian dalam aktualisasi diri seorang remaja dan Bagaimana eksistensi Geng Recediviesdilihat dari nilai, simbol, dan norma yangdigunakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Melalui pendekatan ini peneliti melakukan observasi serta menggali informasi yang lebih dalam dari beberapa subjek penelitian, yakni geng Recedivies, sekolah, masyarakat sekitar dan kepolisian. Konsep yang digunakan untuk melihat fenomena geng Recediviesadalah geng, peer group, dan nilai, norma, dan simbol. Peneliti melakukan penelitian di Setiabudi, Jakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti, yaitu wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu enam bulan, yakni dimulai dari Mei sampai dengan Oktober 2015. Penelitian ini menunjukkan bahwa Recediviesmerupakan kelompok bermain yang terbentuk secara ilegal, tidak terdaftar sebagai salah satu organisasi resmi SMAN 3.Geng Recediviesberperan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan akan aktualisasi diri dan penghargaan bagi anggotanya. Recediviesmenyediakan dukungan dan rasa aman bagi para remaja yangseda ng mengalami fase pendewasaan dan pencarian jati diri serta menyediakan kesempatan untuk meraih status, pengakuan, dan identitas. Nilai yang dianut dalam geng ini yaitu nilai sosial atau nilai solidaritas antar anggota geng. Recediviesjuga menerapkansistem penghargaan dan sanksi terhadap anggotanya. Kebutuhan akan pengakuan dari lingkungan sekundernya,secara tidak langsung para anggota geng Recediviesakan dihormati. Pihak sekolah menyikapi keberadaan geng Recediviesdengan membuat aturan tidak boleh mengenakan atribut Recediviesdan tidak boleh adanya aktivitas gengRecediviesdi sekitar sekolah, serta memberlakukan sistem poin bagi yang melanggar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rakhmat Hidayat, PhD ; 2). Dr. Eman Surachman, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2020 10:30
Last Modified: 02 Oct 2020 10:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item View Item