WIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA SEJARAH (Studi kualitatif tentang fenomena kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa sejarah)

Ridho Anugrah, . (2016) WIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA SEJARAH (Studi kualitatif tentang fenomena kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa sejarah). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (667kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan tentang Wirausaha Di Kalangan Mahasiswa Sejarah. Penelitian berlokasi di gedung K Fakultas Ilmu Sosial, UNJ.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2015 hingga maret 2016.Metode yang digunakan yakni metode Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci disini adalah seorang mahasiswa angkatan 2011selaku wirausahawan makanan. Sedangkan informan inti disini adalah para mahasiswa sejarah yang melakukan kegiatan wirausaha sertayang tidak melakukan kegiatan wirausaha,yang ditunjukoleh informan kuncidan secara purposive samplingyaitu sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yakni melalui observasi yaitu mengamati kegiatan para mahasiswa sejarah baik yang berwirausaha maupun yang tidak, wawancara dengan informan kunci dan informan inti, dan dokumentasi yakni berupa transkrip wawancara dengan para informan baik kunci dan inti serta foto kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa sejarah.Hasil temuan penelitian menunjukanbahwa wirausaha dikalangan mahasiswa sejarah digolongkan menjadi empat yakni wirausaha makanan, pulsa, barang kebutuhan kuliahseperti buku dan lain laindan barang diluar kebutuhan kuliahseperti kostum sepakbola, sepeda. Kegiatan wirausaha dikalangan mahasiswa sejarah muncul karena adanya tiga faktor yakni keadaan ekonomi mahasiswa, lingkungan keluarga mahasiswa dan mata kuliah kewirausahaan.Kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa sejarah membantu menambah uang keperluan kuliah sekaligus membantu keuangan keluarga merekameskipun kegiatan perkuliahan mereka sedikit terganggu. Selain itu lingkungan keluarga juga berperan dalam membentuk pola pikirmahasiswa yang ingin menjadi wirausahawan selepas kelulusan merekatanpa harus melamar pekerjaan. Faktor matakuliah juga turut andil dalam menambah jumlah para mahasiswa yang melakukan kegiatan wirausaha, hal ini juga melahirkan pandangan bahwa prodi kependidikan atau keguruan tidak menutup kemungkinan lahirnya kreativitas dan inovasi dari para mahasiswanya, dan salah satunya lahir dari kegiatan wirausaha

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurzengky Ibrahim, MM ; 2). Drs. Abrar, M.Hum
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 02 Oct 2020 16:47
Last Modified: 02 Oct 2020 16:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item