Rifatra Dai Leire, . (2016) KONTEKSHIDDEN CURRICULUM DALAM PENDIDIKAN INKLUSI Studi Kasus Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SMAN 66 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK .pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (477kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (130kB) |
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (91kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk Hidden Curriculumdalam pendidikan inklusi di SMAN 66 Jakarta dan bagaimana analisis Hidden Curriculum dalam praktik pendidikan inklusi di SMAN 66 Jakarta. Peneliti menggunakankerangka konsep mengeni filosofi pendidikan inklusi untuk mengetahui bagaimana bentuk pendidikan inklusi di sekolah. Untuk memahami Hidden Curriculumdalampendidikan inklusi menggunakan kerangka konsep Hidden Curriculumdalamperspektif fungsionalyang dikembangkan oleh Emile Durkheimdan kurikuluminklusi dalam perspektif pendidikandimana ketigakonsep tersebut saling berkaitan dalam mencapai suatu tujuan pembelejaran yang diinginkan oleh sekolah.Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Penulis dalam mengumpulkan data menggunakan data-data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Data sekunder diperoleh dari buku, artikel, internet sebagai penguat hasil temuan data empirik. Informan dalam penelitian ini berjumlah sebelas orang diantaranya empatpeserta didikberkebutuhan khusus kelas XI , duapeserta didik non berkebutuhan dan limaorang guru termasuk wakil kepala sekolah bidang kurikulum, sarana prasarana,humas serta guru mata pelajran sosiologi di SMAN 66 JakartaHasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk Hiden Curriculummuncul dalam setiap kegiatan yang dilakukan baik secara akademik dan non akademik dalam program pendidikan inklusi di SMAN 66 Jakarta. Secara umum kegiatan dan proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan sekolah lain namun yang menarik adalah sekolah melibatkan dan memperhatikan peserta didik berkebutuhan khusus untuk dapat berpartisipasi secara aktif agar peserta didik berkebutuhan khusus dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Hidden Curriculummuncul dengan adanya peran guru dalam proses transfer nilai dalam pembelajaran di kelas inklusi.Nilai –nilai yang di transmisikan dalam pelaksanaan rogram pendidikan inklusi di SMAN 66 Jakarta kepada peserta didik menitikberatkan pada nilai agama dan keberagamanserta saling menghargai satu sama lain.dalam proses pembelajaran inklusi. Hal itu terlihat dari sikap peserta didik non berkebutuhan yang mau bekerja sama dengan peserta didik berkebutuhan. Namun pelaksanaan program pendidikan inklusi tidak sepenuhnya berjalan sesuai dengan apa yng diharapkan Dari segi fasilitas penunjang masih ada kekurangan dalampenyediaan buku Brailledan dalam proses penerimaan peserta didik berkebutuhan masih terkesan kurang demokratis artinya semua peserta didik yang memiliki kelainan dalam bentuk apapun memiliki kesempatan untuk ikut dalam program pendidikan inklusi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Robertus Robet, MA ; 2). Achmad Siswanto M,Si |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 16:57 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 16:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11225 |
Actions (login required)
View Item |