PENERAPAN METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI (Penelitian Tindakan Kelas X MIA-I SMA DIPONEGORO Jakarta Timur)

SAROTUL MUSABBIHAH, . (2016) PENERAPAN METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI (Penelitian Tindakan Kelas X MIA-I SMA DIPONEGORO Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 LEMBAR JUDUL.pdf

Download (66kB)
[img] Text
02 SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (271kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
07 BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
08 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
09 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode debat dalam meningkatakan motivasi belajar PAI siswa kelas X MIA-ISMA DIPONEGORO Jakarta Timur.Indikator siswa termotivasi pada penelitian ini menggunakan teori Sardiman, Nana Sudjana, dan Hamzah B Uno. Dari tiga tokoh tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki ciri-ciri motivasi tinggi adalah tekun dan ulet dalam menghadapi tugas, menunjukkan minat dan perhatian terhadap pelajaran, semangat dan adanya dorongan untuk berhasil, adanya dorongandan kebutuhan dalam belajar, serta adanya kegiatan yang menarik dalam belajar.Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap penelitian ini mengikuti model Kurt Lewinyaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan satu kali pertemuan disetiap siklusnya.Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode debat dapat meningkatkan motivasi belajar PAI. Hal tersebut dapat diketahui dari pengamatan aktivitas siswa selama prosespembelajaran PAI dengan menggunakan metode debat.Siswa cenderung lebih aktif, dan antusias mengikuti pelajaran PAI.Sebelum diterapkannya metode debat, guru yang berperan aktif sedangkan siswa cenderung pasif serta motivasi belajar siswa di bawah standaryaitu hanya 35 % siswa yang termotivasi dari 34 siswa. Dari tiga siklus yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa motivasi siswa belajar PAI mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 50 %, pada siklus II sebesar 71 %, dan pada siklusIII sebesar 82 % dari 34 siswa. Dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa belajar PAI selama tiga siklus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA, ; 2). Mushlihin,S.Pd.I, MA
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Oct 2020 10:56
Last Modified: 04 Oct 2020 10:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item