ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BIMBEL KELAS XI JURUSAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BELAJAR SECARA ONLINE DAN KONVENSIONAL

NURJANAH, . (2020) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BIMBEL KELAS XI JURUSAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BELAJAR SECARA ONLINE DAN KONVENSIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa bimbel online dengan bimbel konvensional. Penelitin ini dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 55 siswa kelas XI Program Jurusan Ips yang mengikuti Bimbingan Belajar Online, dan 55 siswa kelas XI Program Jurusan Ips Bimbingan Belajar Konvensional Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak bulan Oktober hingga Desember 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis jalur Uji Normalitas dan Homogenitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Jurusan Ips yang mengikuti bimbingan belajar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa kelas XI Program Jurusan Ips. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan thitung > ttabel, (0,94) > (0,67) sehingga hipotesis penelitian Ho diterima, dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang mengikuti bimbel online dengan siswa yang mengikuti bimbel konvensional. Dengan demikian kemandirian belajar siswa semata-mata tidak dipengaruhi oleh model belajar online dan konvensional. Kemandirian belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti motivasi, peran keluarga, dan teman sebaya. This study aims to determine the differences in learning independence of online tutoring students with conventional tutoring. This research was conducted using a questionnaire distributed to 55 students of class XI of the Ips Department Program who took online tutoring, and 55 students of the XI class of the Department of Ips Conventional Tutoring Program. This study was conducted for three months from October to December 2019. The method used in this research is using survey method. The data used in this study is quantitative data with data analysis using the Normality and Homogeneity Test path analysis. The population in this study were students of class XI of the Ips Department Program who attended tutoring. Sampling in this study using the Cluster Random Sampling method. The sample in this study amounted to 110 grade XI students of the Ips Department Program. The results obtained from this study indicate tcount> ttable, (0.94)> (0.67) so that the research hypothesis Ho is accepted, with the conclusion that there is no difference in learning independence of students who take online tutoring with students who take conventional tutoring. Thus the independence of student learning is solely not affected by online and conventional learning models. Student learning independence can be influenced by several factors such as motivation, the role of family, and peers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Fauzi, S.Pd.,M.Ak ; 2). Dr. Mardi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5702 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2020 11:35
Last Modified: 09 Oct 2020 11:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item