PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENARI TARI PIRING UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPN 12 TANGERANG SELATAN (Penelitian pada Mahasiswa Semester 112 Tahun Akademik 2020 Jurusan Pendidikan Taru Fakultas Bahasa dan Seni

PUTRI RIZKIYA ADISTIANI, . (2020) PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENARI TARI PIRING UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPN 12 TANGERANG SELATAN (Penelitian pada Mahasiswa Semester 112 Tahun Akademik 2020 Jurusan Pendidikan Taru Fakultas Bahasa dan Seni. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER ok.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan visual spasial dan media pembelajaran (media realia dan media audio visual) terhadap keterampilan menari tari piring untuk siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Tangerang Selatan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang memilki 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probablity Sampling dengan jumlah populasi 205 siswa dan jumlah sampel 40 siswa, 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur atau ANAVA desain factorial 2 x 2. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Realia dan media pembelajaran Audio Visual memiliki perbedaan signifikan. Dibuktikan dengan nilai > (4,5 > 3,98) maka diterima. Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara kecerdasan visual spasial dan media pembelajaran terhadap keterampilan menari. Dibuktikan dengan > (29,76 > 4,11) maka diterima. Terdapat perbedaan signifikan hasil keterampilan menari siswa menggunakan media pembelajaran realia yang kecerdasan visual spasial tinggi dan siswa menggunakan media pembelajaranaudio visual yang kecerdasan visual spasial tinggi > (6,43 > 4,11) maka diterima. Terdapat perbedaan signifikan hasil keterampilan menari siswa yang kecerdasan visual spasial rendah dengan media pembelajaran realia dan hasil keterampilan menari siswa yang kecerdasan visual spasial rendah dengan media pembelajaran audio visual >(4,49 > 4,11)maka diterima. This study aims to examine the effect of spatial visual intelligence and learning media (media realia and audio visual media) on the plate dance skills of grade VIII students. This research was conducted at SMP Negeri 12 Tangerang Selatan by using quantitative research methods with the type of experimental research that has 2 independent variables and 1 dependent variable. The sampling technique used probability sampling with a population of 205 students and a sample size of 40 students, 20 students from the experimental class and 20 students in the control class. The research hypothesis testing was carried out using two-way ANOVA test or ANOVA 2 x 2 factorial design.The results of data analysis in this study indicate that the Realia learning media and the Audio Visual learning media have differences significant. Evidenced by the value> (4.5> 3.98) it is accepted. There is a significant interaction effect between visual intelligence spatial and learning media on dancing skills. Evidenced by > (29.76> 4.11) then accepted. There is a significant difference in the results of students' dancing skills using realia learning media with high visual spatial intelligence and students using audio-visual learning media with high spatial visual intelligence> (6.43> 4.11) then it is accepted. There is a significant difference in the results of students' dancing skills the low visual spatial intelligence with realia learning media and the results of the dancing skills of students with low spatial visual intelligence with the media audio visual learning> (4.49> 4.11) then accepted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Dinny Devi Triana, S.Sn,M.Pd. ; 2). Dr.Deden Haerudin, S.Sn,M.Sn.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 4544 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2020 11:44
Last Modified: 09 Oct 2020 11:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item