PELAYANAN PROGRAM BPJS KESEHATAN TERHADAP KELUARGA(Studi Kasus: Tiga Keluarga Peserta BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat)

Thohar, . (2016) PELAYANAN PROGRAM BPJS KESEHATAN TERHADAP KELUARGA(Studi Kasus: Tiga Keluarga Peserta BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstract..pdf

Download (196kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
COVER REVISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (450kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai Pelayanan Program Jaminan Kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jaminan Kesehatan saat ini sudah mengalami transformasibesar dari sebelumnya yang bersifat terfragmentasi, sekarang sudah bisa diakses oleh semua lapisan. Penelitian ini melihat apa saja hambatan yang dihadapi keluarga peserta BPJSdalam mengakses BPJS Kesehatan, mulai dari hambatan secara internal sampai dengan eksternal.Metodologi dalam penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianstudi kasus. Melalui pendekatan kualitatif ini,Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang didapat melalui wawancara mendalam yang merupakan data primer. Studi literatur dan kepustakaan sebagai data sekunder juga melengkapi penelitian skripsi ini. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah tiga keluarga peserta BPJS Kesehatan, satu orang dari Humas BPJS KesehatanPusatdan wawancara secara online dengan BPJS Watch sebagai triangulasi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalahkesejahteraan sosial, sosiologi kesehatan, negara, Jaminan kesehatan, keluarga, dan permasalahan kesehatan.Pemerintah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat seharusnya melakukan pendataan terhadap semua masyarakat. Hal ini untuk mewujudkan pelayanan kesehatan menyeluruh sampai warga masyarakat yang belum melengkapi administrasinya pada wilayah setempat. Selanjutnya kordinasi pihak rumah sakit sebagai pelayan kesehatan kongkret dalam melayani masyarakat yang berada dalam kondisi sakit secara langsung harus memberikan pelayanan secara cepat dan langsung. Posisi BPJS Kesehatan sebagai sebuah program jaminan kesehatan pada dasarnya adalah wadah yang bertugas menyelenggarakan jaminan kesehatan kepada semua masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robertus Robet, MA ; 2). Dian Rinanta Sari, S.sos, M.A.P
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2020 12:54
Last Modified: 09 Oct 2020 12:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item