PERANAN KELUARGA PEKERJA SEKTOR INFORMAL DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN ANAK(Studi Kasus Pedagang Kaki-Lima Jembatan Merah –Bogor)

Tresna Nurfitri Yanti, . (2016) PERANAN KELUARGA PEKERJA SEKTOR INFORMAL DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN ANAK(Studi Kasus Pedagang Kaki-Lima Jembatan Merah –Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tresna Nurfitri Yanti (4915120347).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Abstract tresna.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan keluarga pekerja sektor informal dalam memajukan pendidikan anak-anaknya. Penelitian ini dilakukan sejak bulan November2015 sampai bulan April 2016 di kawasan pedagang kakilima Jembatan Merah Bogor yang terletak di Jalan Veteran Bogor.Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.Sumber data dari penelitian ini terdiri dari dua informan kunci dan enam informan inti.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pedagang yang peduli terhadappendidikan anak-anaknyaberperan aktif dalam hal ekonomi, sosial maupun peran dalam menerapkan pola pendidikan didalam keluarga. Motivasi yang dimiliki anak-anak dari para pekerja sektor informal dalam melanjutkan pendidikannya dilatar belakangi oleh beberapa faktor, seperti orang tua, kebutuhan akan pendidikan, harapanterhadap cita-cita dan lingkugan sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Dr. Abdul Haris Fatgehipon
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Oct 2020 15:47
Last Modified: 14 Oct 2020 15:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item View Item