PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FPB DAN KPK PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KELAS IV DI KELURAHAN KEBON BAWANG JAKARTA UTARA (Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara)

FANISIA DEWI FITRIA, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FPB DAN KPK PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KELAS IV DI KELURAHAN KEBON BAWANG JAKARTA UTARA (Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK, ABSTARCT.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Skripsi Fanisia Dewi Fitria.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Jurnal Fanisia Dewi Fitria.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN di Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik teknik cluster random sampling, sebanyak 81 responden. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest-Only Control Group Desain. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk esai. Uji-t digunakan untuk menganalisis data dan membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf sigifikansi α = 0,05 yaitu 2,64 > 1,66 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai rata-rata pemahaman konsep FPB dan KPK pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata pemahaman konsep FPB dan KPK pada kelas kontrol yaitu 34,68 > 29,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap pemahaman konsep FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan pemahaman konsep FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu merancang pendekatan dan metode yang bervariasi serta menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi ajar untuk dapat mengembangkan pemahaman konsep FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M. Pd., ; 2). Drs. A. R. Supriatna, M. Pd.,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Nov 2019 13:59
Last Modified: 05 Nov 2019 13:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item