ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR

DINA MUSTIKA, . (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis Miles and Humbermen. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam kajian pustaka ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan mengkaji sumber pustaka yang sesuai dengan masalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Dalam penggunaan model pembelajaran group investigation diharapkan siswa dapat melatih kemampuan berpikir kritisnya sehingga dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan proses bekerja sama secara kelompok sehingga siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, seharusnya guru lebih kreatif untuk memberikan fasilitas berupa sumber belajar dan kesempatan yang lebih besar bagi siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran group investigation, guru juga dapat mengawasi setiap kelompok pada saat proses diskusi agar proses diskusi berjalan efektif. ABSTRACK This research study literature aims to study and analyze the investigative group learning models in improving the critical thinking skills of elementary school students. This research was implemented in May until August 2020. Research methode used descriptive qualitative research methode with analysis model Miles and Humbermen. There is Three step in this study literature, such as data reduction, data presentation, and conclusion. The technique of collecting data is by reviewing library resources that are relevant to the researcher's problem. The results showed the investigation group learning model can improve the critical thinking skills of elementary school students. In the use model, study group investigations are expected to enable students to practice the critical abilities needed to improve communication skills and the processes used by groups so students can be directly involved in the learning process. To improve students' thinking skills, teachers who are more creative to provide assistance about learning resources and greater opportunities for students to learn by using the group learning model of investigation, the teacher can also help each group during the discussion process so that the discussion process runs effectively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. , 2) Dra. Rosinar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 6988 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2020 12:12
Last Modified: 23 Oct 2020 12:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11436

Actions (login required)

View Item View Item