PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY CARD PADA MUATAN IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR

RESI MISWANITRI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY CARD PADA MUATAN IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2. ABSTRAK - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf

Download (146kB)
[img] Text
3. surat persetujuan watermark.pdf

Download (704kB)
[img] Text
4. surat keaslian watermark.pdf

Download (618kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1) (1).pdf

Download (286kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf

Download (161kB)
[img] Text
8. BAB I - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. BAB II - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf

Download (258kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP - RESI MISWANITRI 1815163444 PGSD 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam mengenal serta mengetahui ciri-ciri komponen Tata Surya dengan menggunakan teknologi terkini. Penggunaan media pembelajaran memberikan manfaat dalam proses pembelajaran. Pada materi Tata Surya, peserta didik tidak dapat mempelajari secara langsung, hal ini membuat peran media pembelajaran sangat dibutuhkan. Zaman yang terus berkembang mengharuskan peserta didik untuk dapat mengenal bahkan menggunakan teknologi terbaru. Peneliti mengembangkan suatu produk media pembelajaran menggunakan teknologi untuk pembelajaran IPA pada materi Tata Surya di Sekolah Dasar. Jenis metodologi yang digunakan ialah Research and Development dengan model ADDIE. Penelitian ini hanya sampai pada tahap uji validasi ahli untuk menguji kelayakan produk. Diawali dengan mencari referensi, mengumpulkan informasi melalui analisis kebutuhan dengan mewawancarai serta memberikan kuisioner pada guru dan peserta didik kelas VI, kemudian dilanjutkan untuk mendesain produk. Tahapan terakhir uji validasi pada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil yang diperoleh dari uji validasi ahli jika di rerata adalah 96,87% melebihi batas minimum kategori sangat baik. Rekomendasi pada penelitian ini adalah pembuatan media pembelajaran dengan teknologi sangat layak dijadikan untuk memfasilitasi pembelajaran di sekolah. This research aims to facilitate students in knowing and identifying the characteristics of the solar system components using the latest technology.The use of Learning Media provides benefits in the learning process. In Solar System subject material, students cannot learn directly which makes the role of learning media is very necessary. A growing age requires students to be able to know and even to use the latest technology. Researchers developed a learning media product using technology for Science learning on Solar System subject materials in elementary school. The type of methodology used in this research is Research and Development with ADDIE model. This research only reached the expert validation test stage until test product eligibility. Initiated by searching for references, collecting information through the needs of analysis by interviewing and giving the questionnaire to teachers and students of class VI, then proceed to design the product. The final stage of validation test is on media experts, material experts and linguists.The results obtained from expert validation tests if the average is 96.87% exceeding the minimum category limit is excellent. This research recommends the creation of learning media with the usage of a very decent technology to facilitate school learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si, M.Pd ; 2). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7057 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2020 15:37
Last Modified: 23 Oct 2020 15:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11445

Actions (login required)

View Item View Item