DAMPAK PERSONAL BRANDING JOKO WIDODO TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PILKADA DKI JAKARTA 2012(Studi Kualitatif di Kelurahan Ciracas Jakarta Timur)

VERONICA SINAGA, . (2016) DAMPAK PERSONAL BRANDING JOKO WIDODO TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PILKADA DKI JAKARTA 2012(Studi Kualitatif di Kelurahan Ciracas Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (175kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (250kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan personal branding Joko Widodo dalam menciptakan partisipasi politik masyarakat pada pilkada DKI Jakarta pada tahun 2012.Masyarakat kelurahan Ciracas, merupakan masyarakat yang tercatat memiliki partisipasi yang tinggi baik berupa pemberian suara maupun pada masa kampanye. Penelitian ini dimulai pada bulan Februari hingga Mei 2016.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, serta wawancara yang dilakukan kepada informan yakni masyarakat Ciracas, key informan sebagai konsultan dan tim pemenangan Joko Widodo. Wawancara dilakukan kepada masyarakat Kelurahan Ciracas dengan menggunakan metodeSequential dengan teknik penggalian informasi deepth interview (wawancara mendalam). Serta dengan menambahkan dua orang key informan yaitu Direktur Eksekutif Cyrus Network selaku salah satu Konsultan Politik Joko WidododanKoordinator Relawan Jakarta Baru sebagai tim pemenangan. Setelah itu dilengkapi olehduapendapat ahlidalam konteks brandingranah politik maupun brandingranah pemasaran.Melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terlibat, bahwa ditemukan kemampuan membaca konteks sosial, politik menjadi dasar personal branding Joko Widodo khususnya dalam peningkatan partisipasi politik masyarakat yang berimbas kepada loyalitas dan elektabilitas yang diberikan kepada figur Joko Widodo.Kesimpulan dari penelitian ini adalah personal brandingJoko Widodo bertumpu pada kekuatan figur yakni karakter, kompetensi yang dibuktikan melalui rekam jejak prestasi, strategi kampanye. Hal ini memperlihatkan bagaimana personal branding yang diterapkan pada konteks politik mampu menggalang partisipasi positif di tengah situasi yang semakin tersekularisasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Husen, M.Pd ; 2). Dra. Wuri Handayani, M.Si
Subjects: Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Oct 2020 19:29
Last Modified: 23 Oct 2020 19:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11477

Actions (login required)

View Item View Item