MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MEDIA GRAFIS GERAK PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN

REZA ARDIANSYAH SAPUTRA, . (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MEDIA GRAFIS GERAK PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media grafis gerak dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa, dan mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas 5 Madinah Sekolah Dasar Islam Al Azhar 13 Rawamangun setelah menggunakan media grafis gerak. Metode yang digunakan pada dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart (1988). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data observasi, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendapatkan hasil pengukuran daya beda, tingkat kesukaran soal, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pre test 1, hanya terdapat 18 siswa dari jumlah keseluruhan 34 siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal.. Persentasenya yaitu sebesar 53%, dengan jumlah rata-rata nilai siswa sebesar 73.53. Pada siklus I, hasil post test 1 menunjukan terdapat 24 siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal. Persentasenya yaitu sebesar 71%, dengan jumlah rata-rata nilai siswa sebesar 84,12. Sedangkan hasil observasi siklus I menunjukan bahwa seluruh aspek penilaian terhadap siswa memperoleh kategori “baik”. Pada siklus II, hasil post test 2 menunjukan terdapat 28 siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal. Persentasenya yaitu sebesar 82%, dengan jumlah rata-rata nilai siswa sebesar 86,18. Sedangkan hasil observasi siklus II menunjukan bahwa seluruh aspek penilaian terhadap siswa memperoleh kategori “sangat baik”. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penggunaan grafis gerak dinilai mampu meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam kondisi pembelajaran dalam jaringan. Kata Kunci : Grafis Gerak, Pembelajaran Dalam Jaringan, Keterampilan Menyimak ******** This study aims to determine the use of motion graphics media in improving students' listening skills, and to determine the increase in listening skills of 5th grade students of Madinah Al Azhar 13 Rawamangun Islamic Elementary School after using motion graphics media. The method used in this research is classroom action research, using a spiral model from Kemmis and Mc. Taggart (1988). Data collection techniques in this study used qualitative and quantitative approaches. The qualitative approach is used to obtain observational data, while the quantitative approach is used to obtain the measurement results of the difference power, the difficulty level of the questions, and the learning outcomes test. The results of this study indicate that in the pre-test 1, there were only 18 students out of a total of 34 students who succeeded in achieving the minimum completeness criteria. The percentage was 53%, with an average number of students' scores of 73.53. In cycle 1, the results of the post test 1 showed that there were 24 students who succeeded in achieving the minimum completeness criteria. The percentage is 71%, with an average student score of 84.12. While the results of the observation cycle 1 showed that all aspects of the assessment of students were in the "good" category. In cycle 2, the results of the post test 2 showed that there were 28 students who succeeded in achieving the minimum completeness criteria. The percentage is 82%, with an average student score of 86.18. Meanwhile, the results of the observation in cycle 2 showed that all aspects of the assessment of students were categorized as "very good". The conclusion in this study is that the use of motion graphics is considered to be able to improve students' listening skills in Indonesian language learning, especially in conditions of learning online. Keywords : Motion Graphic, Online Learning, Listening Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Sholeh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7304 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2021 17:30
Last Modified: 08 Jan 2021 17:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item