HUBUNGAN MATA KULIAH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

HAURA MAHALIANDINI, . (2020) HUBUNGAN MATA KULIAH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mata kuliah Praktik Kerja Lapangan terhadap kemampuan membaca gambar pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional dan menggunakan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan yang melaksanakan mata kuliah Praktik Kerja Lapangan pada tahun 2019-2020 berjumlah 78 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 61 mahasiswa yang diambil dari populasi menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan tes menggunakan instrumen soal pilihan ganda dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian adalah nilai koefisien korelasi sebesar 0,293 dengan kategori rendah dan terdapat hubungan yang signifikan dari praktik kerja lapangan terhadap kemampuan membaca gambar yang ditunjukkan dengan nilai koefisien signifikansi = 0,022. Penelitian ini dibuktikan dengan thitung 2,352 (>) lebih besar dari ttabel sebesar 2,001 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima. This study aims to determine the relationship between Professional Placement courses and the ability to read shop drawing in students of Building Engineering Education study program State University of Jakarta. This research used a quantitative research with a correlational research design and uses the ex post facto method. The population in this study were students of the S1 Building Engineering Education study program who carried out the Professional Placement course in 2019-2020 totaling 78 students. The sample in this study amounted to 61 students who were taken from the population using purposive sampling technique. Data were collected from tests using multiple choice questions and documentation of student learning outcomes. The result of this research is that the correlation coefficient value is 0,293 with a low category and there is a significant relationship between professional placement and the ability to read shop drawing as indicated by the significance coefficient value = 0,022. This research is proven by tcount 2,352 (>) which is greater than ttable of 2,001 at a significant level of 5%, so H0 is rejected and H1 is accepted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Agphin Ramadhan, M.Pd. ; 2). Drs. Arris Maulana, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 5349 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2020 17:51
Last Modified: 27 Oct 2020 17:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item