PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TERBATAS DENGAN MEDIA KARTUN PADA SISWA/I KELAS 8 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 24 JAKARTA TIMUR

DIAH PURBANINGTIAS, . (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TERBATAS DENGAN MEDIA KARTUN PADA SISWA/I KELAS 8 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 24 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Diah Purbaningtias FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta, pada bulan September-Desember 2017. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan keterampilan menulis bahasa arab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sampel penelitian ini adalah siswa –siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta kelas 8 yang berjumlah 43 siswa/i. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus ke satu nilai ratarata peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta adalah 66,86. Pada siklus ke dua nilai rata-rata peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta meningkat 83,26. Implikasi hasil penelitian dengan menggunakan media gambar yang diterapkan dalam keterampilan menulis bahasa arab. Pada ujian peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siklus ke satu mencapai nilai rata-rata 66,86. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan karena para siswa-siswi belum terbiasa menulis bahasa arab dengan lamgkah-langkah yang telah dilakukan pada siklus satu, yang membedakan adalah siklus ke satu proses pembelajaran dibentuk secara berkelompok, sedangkan siklus ke dua proses pembelajarannya terjadi secara mandiri. Peneliti juga menggunakan media pembelajaran. Inilah yang menjadikan siswa mampu meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus kedua mencapai 83,26, atau indikator pencapaian berhasil diraih 43 siswa mencapai hasil ujian sehingga 100% dari jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan bahasa arab dengan media gambar di MTs negeri 24 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diketahui bahwa media gambar berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis bahasa arab siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta. Dengan demikian, media gambar ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam menulis kalimat, sehingga siswa-siswi termotivasi dan lebih mudah dalam membuat kalimat bahasa arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nuruddin MA 2) Mohamad Sarif MA
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 05 Nov 2019 14:36
Last Modified: 05 Nov 2019 14:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item