PENGARUH PENGGUNAAN TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS II SD DI KELURAHAN PAMULANG BARAT

ANGGI DWI LESTARI, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS II SD DI KELURAHAN PAMULANG BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah media permainan tangram dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas dua di kelurahan Pamulang Barat. Penelitian diadakan di Sekolah Dasar Negeri Pamulang II Tangerang Selatan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas dua yang berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah metode eksperimen post test control design. Teknik pengambilan data dilakukan dengan melakukan pretest dan post test. Hasil penelitian menunjukan rata - rata pretest pada kelas kontrol 74 dan rata - rata post test pada kelas kontrol 84, sedangkan rata - rata pretest pada kelas eksperimen 71 dan rata - rata post test pada kelas eksperimen 89. Hasil ini menunjukan bahwa pemahaman konsep bangun datar pada peserta didik dapat ditingkatkan dengan media permainan tangram. Oleh sebab itu pembelajaran bangun datar dengan media permainan tangram dapat dijadikan sebagai pilihan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas agar pemahaman konsep bangun datar peserta didik semakin meningkat dan peserta didik dapat merasakan pembelajaran yang dapat diterapkan dan dihubungkan dalam kehidupan sehari – hari. **** This study aims to prove whether the tangram can improve the understanding of the concept of geometry in second grade students in Pamulang Barat. The research was conducted at Pamulang II Elementary School, South Tangerang. The research subjects were second grade students totaling 60 students. The method used for this research is the experimental method of post test control design. The data collection technique was done by doing a pretest and post test. The results showed that the average pretest in the control class was 74 and the average post-test in the control class was 84, while the average pretest in the experimental class was 71 and the average post-test in the experimental class was 89. These results indicate that the understanding of the concept of flat shapes the students can be improved with the tangram game media. Therefore, learning geometry with tangram can be used as an option by teachers for the teaching and learning process in the classroom so that students' understanding of the concept of geometry increases and students can experience learning that can be applied and connected in everyday life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. ; 2). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 6973 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2020 05:25
Last Modified: 05 Nov 2020 05:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11538

Actions (login required)

View Item View Item