PERAN SEKOLAH INKLUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS(Studi:Siswa Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 54 Jakarta)

Yuliana Karniawati, . (2016) PERAN SEKOLAH INKLUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS(Studi:Siswa Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 54 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1-5 DAN DAFPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (457kB)
[img] Text
UPT.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang peran-peran yang dilakukan sekolah inklusif SMA Negeri 54 Jakarta dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus. Selain itu penelitian ini mengfokuskan pada dampak perkembangan bagi siswa berkebutuhan khusus. Peneliti mengangkat dua permasalahan utama dalam penelitian ini. Pertama apa peran sekolah dalam meningkatkankemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus di SMA Negeri 54 Jakarta. Kedua, apa dampak peran sekolah inklusif SMA Negeri 54 Jakarta bagi peningkatan kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus.Penelitian ini dilakukan memggunakanpendekatan kualitatif-deskriptif pada informan di lapangan yang menghasilkan data secara deskriptif, yakni gambaran implementasi peran sekolah inklusif di lapangan secara sistematis dan aktual. Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan studi pustaka. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling, yakni atas dasar penelitian bahwa para informan mengetahui secara baik permasalahan yang diteliti. Untuk itu, informan dalam penelitian ini ialah siswa berkebutuhan khusus, guru kesiswaan, orangtua siswa berkebutuhan khusus, dan siswa reguler.Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerapannya, pihak sekolah membuat kebijakan-kebijakan. Kultur sekolah SMAN 54 Jakarta yang dibangun mendukung berkembangnya kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus. Implementasi pendidikan inklusif terhadap siswa berkebutuhan khusus adanya peningkatan kepercayaan diri siswa, meningkatnya motivasi belajar, dan siswa belajar bersosialisasi di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ubedillah Badrun, M.Si ; 2). Achmad Siswanto, M.S
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2020 15:58
Last Modified: 11 Nov 2020 15:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11654

Actions (login required)

View Item View Item