Zaitun Mukaromah, . (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI(Studi Eksperimen Siswa Kelas XIIIS SMAN 53 Jakarta, Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
00 Cover.pdf Download (89kB) |
|
Text
01 Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (64kB) |
|
Text
02 Abstrak.pdf Download (84kB) |
|
Text
04 Surat Pernyataan.pdf Download (52kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (66kB) |
|
Text
07 Daftar Isi.pdf Download (53kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (67kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
15 Daftar Pustaka.pdf Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban empiris apakah terdapat pengaruhdari penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah terhadaphasil belajargeografipadasiswakelasXIIISSMAN53Jakarta.PenelitianinidilaksanakandiSMAN53JakartapadabulanSeptember2015–April2016.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendengandesainpenelitian one-group pre-test post-test design yang merupakan bagian dari pre-experimentaldesigns.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIISSMAN53Jakartasebanyak4kelasdenganjumlahsiswasebanyak144dandengan sampel sebanyak 29 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampeladalahdenganmenggunakanconveniencesampling,dansatukelasdigunakansebagai kelas eksperimen untuk diteliti dengan digunakannya metode pembelajaran berbasismasalah.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahtessebanyak32soal.Bentuktesadalahtespilihangandadengan5alternatifjawabandantesdilakukan dua kali yaitu pertama saat pre-testdan kedua saat post-test.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhdarimetodepembelajaranberbasis masalah terhadaphasil belajar geografi pada kelas penelitiandengan materi dinamikadanmasalahkependudukan.Ujihipotesisyangdigunakanadalahujit-tesbedaduameandataberpasangan.Diperolehthitungsenilai5,371dengantarafkepercayaan 95% dengan dk = N-1, dk = 28 didapat t tabel senilai 1,701, maka thitung= 5,3711 > ttabel= 1,701 maka Ho ditolak dan H1diterima. Berdasarkan keberhasilan siswadalammenjawabsoaldenganbenar,kelaseksperimenmengalamipengaruhyang paling signifikan pada soal berdimensi pengetahuan konseptual dan soal berkategorimengaplikasikan(C3).Hasilpenelitianmenyimpulkanbahwaterdapatpengaruhdarimetodepembelajaran berbasis masalahterhadap hasil belajar geografi kelas XI IIS SMAN 53 Jakarta pada materi dinamika dan masalah kependudukan. Metode ini dapat digunakanuntukpembelajarandengansifatbahasanmateriberdimensifaktualdanberkategorimengaplikasikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Eko Tri Rahardjo, M.Pd ; 2). Oot Hotimah, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 16:20 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 16:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11656 |
Actions (login required)
View Item |