PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI(Studi Eksperimen Siswa Kelas XIIIS SMAN 53 Jakarta, Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan)

Zaitun Mukaromah, . (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI(Studi Eksperimen Siswa Kelas XIIIS SMAN 53 Jakarta, Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
00 Cover.pdf

Download (89kB)
[img] Text
01 Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04 Surat Pernyataan.pdf

Download (52kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (66kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (67kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban empiris apakah terdapat pengaruhdari penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah terhadaphasil belajargeografipadasiswakelasXIIISSMAN53Jakarta.PenelitianinidilaksanakandiSMAN53JakartapadabulanSeptember2015–April2016.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendengandesainpenelitian one-group pre-test post-test design yang merupakan bagian dari pre-experimentaldesigns.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIISSMAN53Jakartasebanyak4kelasdenganjumlahsiswasebanyak144dandengan sampel sebanyak 29 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampeladalahdenganmenggunakanconveniencesampling,dansatukelasdigunakansebagai kelas eksperimen untuk diteliti dengan digunakannya metode pembelajaran berbasismasalah.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahtessebanyak32soal.Bentuktesadalahtespilihangandadengan5alternatifjawabandantesdilakukan dua kali yaitu pertama saat pre-testdan kedua saat post-test.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhdarimetodepembelajaranberbasis masalah terhadaphasil belajar geografi pada kelas penelitiandengan materi dinamikadanmasalahkependudukan.Ujihipotesisyangdigunakanadalahujit-tesbedaduameandataberpasangan.Diperolehthitungsenilai5,371dengantarafkepercayaan 95% dengan dk = N-1, dk = 28 didapat t tabel senilai 1,701, maka thitung= 5,3711 > ttabel= 1,701 maka Ho ditolak dan H1diterima. Berdasarkan keberhasilan siswadalammenjawabsoaldenganbenar,kelaseksperimenmengalamipengaruhyang paling signifikan pada soal berdimensi pengetahuan konseptual dan soal berkategorimengaplikasikan(C3).Hasilpenelitianmenyimpulkanbahwaterdapatpengaruhdarimetodepembelajaran berbasis masalahterhadap hasil belajar geografi kelas XI IIS SMAN 53 Jakarta pada materi dinamika dan masalah kependudukan. Metode ini dapat digunakanuntukpembelajarandengansifatbahasanmateriberdimensifaktualdanberkategorimengaplikasikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Eko Tri Rahardjo, M.Pd ; 2). Oot Hotimah, S.Pd, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2020 16:20
Last Modified: 11 Nov 2020 16:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item