Zaitun Mukaromah, . (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI(Studi Eksperimen Siswa Kelas XIIIS SMAN 53 Jakarta, Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
00 Cover.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
01 Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
02 Abstrak.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
04 Surat Pernyataan.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
07 Daftar Isi.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
10 BAB I.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
11 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
![]() |
Text
12 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
![]() |
Text
13 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
![]() |
Text
14 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
![]() |
Text
15 Daftar Pustaka.pdf Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban empiris apakah terdapat pengaruhdari penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah terhadaphasil belajargeografipadasiswakelasXIIISSMAN53Jakarta.PenelitianinidilaksanakandiSMAN53JakartapadabulanSeptember2015–April2016.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendengandesainpenelitian one-group pre-test post-test design yang merupakan bagian dari pre-experimentaldesigns.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIISSMAN53Jakartasebanyak4kelasdenganjumlahsiswasebanyak144dandengan sampel sebanyak 29 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampeladalahdenganmenggunakanconveniencesampling,dansatukelasdigunakansebagai kelas eksperimen untuk diteliti dengan digunakannya metode pembelajaran berbasismasalah.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahtessebanyak32soal.Bentuktesadalahtespilihangandadengan5alternatifjawabandantesdilakukan dua kali yaitu pertama saat pre-testdan kedua saat post-test.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhdarimetodepembelajaranberbasis masalah terhadaphasil belajar geografi pada kelas penelitiandengan materi dinamikadanmasalahkependudukan.Ujihipotesisyangdigunakanadalahujit-tesbedaduameandataberpasangan.Diperolehthitungsenilai5,371dengantarafkepercayaan 95% dengan dk = N-1, dk = 28 didapat t tabel senilai 1,701, maka thitung= 5,3711 > ttabel= 1,701 maka Ho ditolak dan H1diterima. Berdasarkan keberhasilan siswadalammenjawabsoaldenganbenar,kelaseksperimenmengalamipengaruhyang paling signifikan pada soal berdimensi pengetahuan konseptual dan soal berkategorimengaplikasikan(C3).Hasilpenelitianmenyimpulkanbahwaterdapatpengaruhdarimetodepembelajaran berbasis masalahterhadap hasil belajar geografi kelas XI IIS SMAN 53 Jakarta pada materi dinamika dan masalah kependudukan. Metode ini dapat digunakanuntukpembelajarandengansifatbahasanmateriberdimensifaktualdanberkategorimengaplikasikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Eko Tri Rahardjo, M.Pd ; 2). Oot Hotimah, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 16:20 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 16:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |