PENERAPAN PENDEKATAN SEL(SOCIAL EMOTIONAL LEARNING) MENGGUNAKAN METODE TS-TS(TWO STAY TWO STRAY) BERBASIS DILEMMAS STORIES PADA MATERI ASAM BASA DI SMAN 2 KOTA BEKASI

ADE NURUL HIDAYAT, . (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SEL(SOCIAL EMOTIONAL LEARNING) MENGGUNAKAN METODE TS-TS(TWO STAY TWO STRAY) BERBASIS DILEMMAS STORIES PADA MATERI ASAM BASA DI SMAN 2 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak (Bahasa Indonesia)_Ade Nurul Hidayat_3315122112.pdf

Download (110kB)
[img] Text
SKRIPSI_Ade Nurul Hidayat_3315122112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Ade Nurul Hidayat_3315122112.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian dilakukan analisis pendahuluan terlebih dahulu di SMAN 2 Bekasi dengan wawancara guru pembimbing penelitian untuk mengetahui kemampuan awal kompetensi SEL siswa secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanapenerapan pendekatan SEL (Social Emotional Learning) menggunakan metode TS-TS (Two Stay Two Stray) berbasis dilemmas storiespada materi asam basa di SMAN 2 Kota Bekasi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2015 –2016.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penerapan pendekatan SEL dilakukan 2 kali pada pertemuan kelima sampai kedelapan. Pengukuran kompetensi SELdapat dilihat dari instrumen SEL yang terdiri dari (selfassessment dan peer assessment), lembar pengamatan, reflektif journal dan wawancara. Data tersebut akan akan menjadi penilaian kompetensi SEL siswa untuk di analisis penerapan pendekatan SEL menggunakan metode TS-TS berbasis dilemmas storiespada materi asam basa di SMAN 2 Kota Bekasi.Hasil penelitian pembelajaran kimia menggunakan pendekatan SEL menggunakan metode TS-TS berbasis dilemmas storiespada materi asam basadapat diketahui, bahwa siswa mampu membangun lima kompetensi SEL dalam diri sebagian besar siswa XI MIPA 2 SMAN 2 Kota Bekasi. Hasil ini didasarkan pada penilaian Self Assessmentbahwa pencapaian kompetensi SEL pada perlakuan SEL pertama dan SEL kedua lebih dari 75% data ini kemudiandidukung oleh Peer Assessment, lembar pengamatan, reflektif jurnal, dan wawancara.Pada penerapan pendekatan SEL dengan menggunakan metode TS-TS berbasis dilemmas storiestelah memberikan nuansa baru dalam pembelajaran kimia dan sebagian besar siswa mampu membangun karakter positif dalam diri siswa serta mampu menunjang keberhasilan pembelajaran ilmu kimia yang dipelajari

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Darsef, M.Si. ; 2). Dr. Fera Kurniadewi, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2020 17:30
Last Modified: 11 Nov 2020 17:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item View Item