PENGARUH DISIPLIN DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA GLOBAL MANDIRI CIBUBUR

HARYATI NURBAHRUDIN, . (2014) PENGARUH DISIPLIN DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA GLOBAL MANDIRI CIBUBUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Disiplin Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Global Mandiri Cibubur yang dilakukan sejak bulan Juni sampai Desember 2013. Dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan regresi berganda. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X di SMA Global Mandiri sebanyak 64 siswa, kemudian seluruh siswa dijadikan sampel. Hasil analisis data sebagai berikut: Semua variabel dalam penelitian ini berdistribusi normal dan memenuhi asumsi linearitas. Persamaan regresi berganda yang diperoleh Ŷ = 1,353 + 0,482X1 + 0,417X2. Uji Koefisien Regresi secara simultan menunjukan regresi signifikan dan berpengaruh secara simultan. Uji koefisien regresi secara parsial menggunakan tabel Coefficients. Pengujian variabel X1 diperoleh thitung = 4,010 dan tkritis = 2,000. Hal ini menunjukan variabel X1 berpengaruh terhadap variabel Y. Pengujian variabel X2 diperoleh thitung = 3,303 dan tkritis 2,000. Hal ini menunjukan variabel X2 berpengaruh terhadap variabel Y. Uji koefisien determinasi menghasilkan R2= 0,396 hal ini menunjukan bahwa 39,6 % variabel Y dipengaruhi variabel X1 dan X2. Model regresi dalam penelitian ini terbebas dari penyimpangan asumsi klasik yaitu, tidak adanya gejala multikolinearitas, heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X, secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin diri dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X.. ************* This study aims to determine how much Influenceo of self disciplined and family environment towards economics studying result in grade X of SMA Global Mandiri Cibubur conducted from June to December 2013. This study uses a survey method with the correlational approach. In this research, the population of grade X student at SMA Global Mandiri Cibubur is 64 students, all of students are taken as the sample. Results of data analysis as follows: all variables in this study meet the assumption of normal distribution and linearity. Multiple regression equation obtained Ŷ = 1,353 + 0,482X1 + 0,417X2. Regression coefficients simultaneously test showed significant regression and effect simultaneously. Partial regression coefficient test using Coefficients table. Testing variables X1 obtained tcount = 4,010 and tcritical = 2,000. This shows effect on the variable X1 to variable Y. Testing variables X2 obtained tcount = 3,303 and tcritical = 2,000. This shows the effect on the variable X2 to variable Y. Test the coefficient of determination R2 = 0,396 produce this shows that 39,6% Y variables influenced by variables X1 and X2. Regression model in this study is free from classical assumption of deviation, not the symptoms of multicollinearity, heteroscedasticity. Based on these results we can conclude that there is positive and significant correlation between self disciplined on economics studying result in grade X, there is positive and significant correlation between family environment on economics studying result in grade X, and simultanly there is positive and significant influence of self disciplined and family environment on economics studying result in grade X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Haryo Kuncoro, M.Si. ; 2). Karuniana Dianta, S.IP, ME.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Nov 2020 11:27
Last Modified: 25 Nov 2020 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item View Item