MAKNA KONTEKSTUAL DALAM KOMUNIKASI IKLAN PRODUK KESEHATAN OBAT CACING DI TELEVISI (KAJIAN SEMANTIK)

Galang Ramadhan, . (2019) MAKNA KONTEKSTUAL DALAM KOMUNIKASI IKLAN PRODUK KESEHATAN OBAT CACING DI TELEVISI (KAJIAN SEMANTIK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. Orisinalitas.pdf

Download (114kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang makna kontekstual dalam komunikasi iklan produk kesehatan obat cacing di televisi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada makna kontekstual dalam komunikasi iklan obat cacing di televisi menggunakan kajian semantik. Objek dalam penelitian ini ialah iklan produk kesehatan obat cacing berupa iklan Combantrin dan Konvermexpada tahun 2015-2018. Berkaitan dengan tujuan penelitian tersebut metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model analisis isi Miles and Huberman. Data penelitian ini komunikasi berupa dialog dan kegiatan yang dikumpulkan dengan teknik merekam data kemudian mentrasktipsi data dengancara menyimak, lalu menyalin kembali dialog serta kegiatan pada data iklan produk kesehatan iklan di televisi. Instrumen utama dalam penelitian ini ialah instrumen yang dibuat oleh peneliti sendiri (humaninstrument). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga unsur yang membangun makna kontekstual yang terdiri dari settingberjumlah18 data, kegiatanberjumlah 20 data, dan relasiberjumlah 17 data. Ketiga unsur tersebut dibedah melalui intrumen penelitian dan kemudian penelitian ini dapat ditemukan makna kontekstualnya. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah makna kontekstual dapat diketahui dengan mengetahui unsur setting, kegiatan, dan relasi. Dalam iklan produk kesehatan obat cacing di televisi pada umumnya makna kontekstual terjadi ketika kegiatandilakukan dengan penjelasan berupa dialog, sehingga makna dalam iklan tersebut bisa dipahami sesuai dengan konteks. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada jenjang SMP kelas VIII KD 3.3 mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, dan poster dan 4.3 menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asisda Wahyu A.P, M.Hum., ; 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2020 12:23
Last Modified: 27 Nov 2020 12:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item