PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 25 JAKARTA

LIA FATRA NURLAELA, . (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs N 25 Jakarta, pada tahun ajaran 2013-2014, yang dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Juni 2014 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh “Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Complete Sentence terhadap Kemampuan Menulis Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 8 MTs N 25 Jakarta dan Sampelnya adalah siswa kelas 8 sebanyak 76 siswa terdiri dari 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan Sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi . Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo 0,216 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo 0,158 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 6,32 (n = 40, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas kontrol diperoleh 6,00 (n = 36, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung < χ²tabel atau -0,13 < 3,841 artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 3,21. Dengan dk 74 dan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 3,21> ttabel = 1,671 jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif teknik complete sentence terhadap kemampuan menulis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif teknik complete sentence lebih tinggi hasil belajar menulisnya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode langsung. Dengan metode pembelajaran kooperatif teknik ccomplete sentence siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa Arab khususnya pembelajaran menulis dan mereka lebih mudah menerimanya. Guru disarankan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran menulis bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zaenal Rafli, M.Pd. ; 2). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 20 Nov 2019 09:50
Last Modified: 20 Nov 2019 09:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item