MAX DELA GUENA, . (2012) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI-DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN DI SMKN 51 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
MAX DELA GUENA.pdf Download (546kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Efikasi-Diri dengann Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 51 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih empat bulan, terhitung mulai bulan Oktober 2011 sampai dengan Januari 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMKN 51 Jakarta dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI Pemasaran sebanyak 74 siswa, berdasarkan taraf kesalahan 5% pada tabel Issac dan Michel, 62 siswa diambil sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana (simple random sampling). Untuk menjaring data variabel X (efikasi-diri), digunakan kuesioner berskala likert, yang disebar kepada siswa SMKN 51 Jakarta. Setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi, yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reabilitas variabel X (efikasi-diri) adalah 0.943. sedangkan untuk variabel Y (prestasi belajar siswa) digunakan data sekunder berupa data rapor. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat Ŷ= 71,96 + 0.058X. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,086, dan Ltabel untuk n = 62 , pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,112. Karena Lhitung < Ltabel, maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (25,28) > Ftabel (4,00) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (0,63) < Ftabel (2,11) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment yang menghasilkan rhitung = 0,544. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (5,03) > ttabel (1,68). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara efikasi-diri (self-efficacy) dengan prestasi belajar siswa. Dari koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 29,64% variabel prestasi belajar siswa (Y) ditentukan oleh efikasi-diri (self-efficacy) (X).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dra. Corry Yohana, M.M 2.) Dra. Umi Mardiyati M.si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 07:54 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 07:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1180 |
Actions (login required)
View Item |