PENGARUH METODE PPP (PRESENTATION, PRACTICE, PRODUCTION) DENGAN MEDIA MOTION GRAPHIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA

NADYA FAIZATUL WILDA, . (2019) PENGARUH METODE PPP (PRESENTATION, PRACTICE, PRODUCTION) DENGAN MEDIA MOTION GRAPHIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphic terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Populasi penelitian sebanyak dua kelas dengan jumlah 25 siswa pada masing-masing kelas. Metode yang digunakan, yaitu metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Group Design dengan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, hasil penghitungan, diperoleh thitungsebesar 12,637, dan diperoleh ttabelsebesar 2,011. Dari data tersebut dapat diperoleh hasil penelitian menolak HO, yaitu terdapat pengaruh metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphicterhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Hasil perhitungan yang didapat dari sampel penelitian yaitu hasil rata-rata posttest kemampuan menulis teks eksplanasikelas eksperimen sebesar 80 dan hasil rata-rata posttest kemampuan menulis teks eksplanasikelas kontrol sebesar 60. Metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphic dapat diimplikasikanpada kurikulum 2013 yaitu pada kemampuan menulis teks eksplanasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan teks eksplanasi. Saran penggunaan metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphic agar guru dapat mengaplikasikan metode dan media yang kreatif serta menarik untuk pembelajaran teks ekplanasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd ; 2). N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Nov 2020 16:24
Last Modified: 27 Nov 2020 16:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item