SINDY ELLISA, . (2019) DEVIASI DALAM PUISI-PUISI DRAMATIK KARYA W.S. RENDRA BERDASARKAN PENDEKATAN STILISTIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
001. Cover Halaman Depan.pdf Download (26kB) |
|
Text
002. Abstrak.pdf Download (91kB) |
|
Text
003. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (222kB) |
|
Text
004. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (183kB) |
|
Text
005. LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (84kB) |
|
Text
007. KATA PENGANTAR.pdf Download (91kB) |
|
Text
008. DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
011. BAB 1.pdf Download (287kB) |
|
Text
012. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
Text
013. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
014. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
Text
015. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
016. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentangbentuk dan peranan deviasi yang terdapat dalam puisi-puisi dramatik karya W.S. Rendra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif kualitatifdengan pendekatan stilistika.Puisi dramatik yang terdapat dalam penelitian ini telah dipilih secara purposive samplingdengan memerhatikan kesesuaian untuk pembelajaran di sekolah dari segi bahasa dan isi puisi.Penelitian dilakukan sejak bulan Februari sampai dengan Agustus 2019. Adapun fokus yang dikaji dalam penelitian ini berupa deviasi yang terdapat dalam puisi-puisi dramatik karya W.S. Rendra, sedangkan subfokus kajian berupa bentuk dan peranan deviasi. Bentuk dan peranan deviasi ini meliputi: (1) deviasi leksikal, (2) deviasi fonologis, (3) deviasi morfologis, (4) deviasi sintaksis, (5) deviasi semantis, (6) deviasi grafologis, (7) deviasi dialek, (8) deviasi register, dan (9) deviasi historis. Dalam puisi-puisi dramatik karya W.S. Rendra ditemukan deviasi sebanyak 1.638 data. Jumlah tersebut terebar dalam 8 bentuk deviasi, yaitu: (1) deviasi leksikal, (2) deviasi fonologis, (3) deviasi morfologis, (4) deviasi sintaksis, (5) deviasi semantis, (6) deviasi grafologis, (7) deviasi dialek, dan (8) deviasi register. Dalam penelitian ini ditemukandata dominan pada bentuk deviasi sintaksis dengan jumlah sebanyak 757 data. Sementara itu data yang jarang ditemukan yaitu pada bentuk deviasi dialek dengan jumlah 6 data. Selain itu terdapat pula data yang tidak ditemukan yaitu pada bentuk deviasi historis. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pembelajaran sastra di sekolah sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi 2018 pada jenjang kelas X SMA, KD 3.17 yaitu menganalisis unsur pembangun puisi danKD 4.17 yaitu menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Suhita, M.Pd. ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd., |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 18:50 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 18:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11827 |
Actions (login required)
View Item |