EVALUASI DAMPAK PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS FUNGSIONAL GURU MUDA MADRASAH

Yasri, - (2020) EVALUASI DAMPAK PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS FUNGSIONAL GURU MUDA MADRASAH. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER Revisi.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi_Yasri_7817140299.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak program Diklat Teknis Fungsional Guru Muda Madrasah yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Teknis Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan model Kirkpatrick level Result yang dimodifikasi dan metode study kasus. Penelitian ini dilakukan di 58 Madrasah dengan 518 responden yang terdiri dari alumni peserta pelatihan, teman sejawat, dan kepala Madrasah. Teknik pengambilan data dengan cara angket, observasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa alumni pelatihan mampu mengembangkan kurikulum, mengembangkan materi pembelajaran, memanfaatkan ICT untuk pengembangan diri, menyusun perangkat dan melaksanakan proses serta penilaian pembelajaran, menjamin kualitas perencanaan, menyelesaikan pekerjaan rutin, memecahkan masalah, meningkatkan hubungan kerja dan kerjasama, mengimplementasi hasil diklat, menerima dan memberi saran, meningkatkan kedisiplinan dan loyalitas. Namun alumni tidak menguasai karakteristik siswa, teori belajar, tidak memanfaatkan ICT dalam pembelajaran, tidak melakukan tindakan reflektif, tidak mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan dalam bekerja. Kemampuan tersebut tidak sepenuhnya akibat dari peran Pusdiklat Teknis Kementerian Agama. Kata Kunci : Evaluasi dampak program diklat, kompetensi, kinerja alumni , kinerja madrasah, dan sikap sosial alumni peserta diklat

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: Prof. Dr. Burhanudin Tola, MA Prof. Dr. Ma'ruf Akbar,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 7460 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2020 15:46
Last Modified: 07 Dec 2020 15:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item