PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 JAKARTA

ANISAH KHASANAH, . (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (68kB)
[img] Text
5. SURAT PENYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (113kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan lingkungan keluargaterhadap hasilbelajar siswa berdasarkan data dan fakta yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode asosiatifdengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumentasi dan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3Jakarta berjumlah 114 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengujian yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji f. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajarterhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,621 > 1,98177. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosionalterhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 4,692 > 1,98177. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluargaterhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 4,750 > 1,98177. (4) Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar, kecerdasan emosional, lingkungan keluargayang ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 28,000 > 2,69, koefisien korelasi (R) sebesar 0,658yang berarti keeratan hubungan antar variabel kuat dan koefisien determinasi sebesar 0,433 yang artinya 43,3% ketigavariabel mempengaruhi hasil belajar secara serentak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti S.Pd.,M.Ak, ; 2). Ati Sumiati,S.Pd., M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 10 Dec 2020 13:10
Last Modified: 05 Sep 2022 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item