PEMANFAATAN GUA LIANGKABORI DAN MASJID KUBA LOGHIYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI KABUPATEN MUNA

ARDI WIJAYA, . (2020) PEMANFAATAN GUA LIANGKABORI DAN MASJID KUBA LOGHIYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI KABUPATEN MUNA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER,.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Situs sejarah lokal yang memiliki keterkaitan materi dengan sejarah nasional Indonesia harus dapat dimaksimalkan oleh semua komponen pendidikan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah yang selama ini hanya terkesan menghafal peristiwa yang ada dalam buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan mengenai pembelajaran sejarah Indonesia yang berbasis pada potensi peninggalan budaya dan situs sejarah yang terdapat di Kabupaten Muna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan kunjungan langsung ke lapangan yang dilaksanakan dengan mengambil objek sejarah pada situs Gua Liangkabori dan Masjid Kuba Loghiya. penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Loghia dan SMKS Pertanian Al-Fath-an Uraza yang terdapat di Kabupaten Muna. Hasil penelitian menunjukan bahwa situs sejarah Gua Liangkabori dan Masjid Kuba Loghiya yang ada di Kabupaten Muna telah dimanfaatkan sebagai sumber belajar mengenai materi sejarah Indonesia masa pra sejarah dan proses masuk dan berkembangnnya islam di Indonesia. Kehadiran sejarah lokal dalam proses pembelajaran bukan untuk mendikatomi dengan sejarah Indonesia, tetapi bahwa kehadiran sejarah lokal memiliki tujuan mencairkan kebekuan dalam ruang pembelajaran serta untuk memperkaya objek sejarah yang akan digunakan dalam praktek pembelajaran. Sejarah lokal sangat diperlukan dalam proses transfer nilai-nilai kebudayaan sebagai bagian dari rencana menumbuhkan karakter peserta didik. Membuka cakrawala berfikir bahwa apa yang dialami saat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses sejarah masa lampau yang ada di sekitar lingkungan peserta didik. Kata Kunci : Pemanfaatan Gua Liangkabori, Masjid Kuba Loghiya, Sumber Belajar Sejarah. **************** ABSTRACT Local historical sites that have material linkages with Indonesian national history must be maximized by all components of education as an alternative in history learning which so far only seems to memorize events in textbooks. This study aims to present the learning of Indonesian history based on the potential of cultural heritage and historical sites in Muna Regency. The method used in this research is descriptive qualitative by conducting direct visits to the field carried out by taking historical objects at the Liangkabori Cave site and the Loghiya Cuba Mosque. This research was conducted at SMA Negeri 1 Loghia and SMKS Agriculture Al-Fath-an Uraza in Muna Regency. The results showed that the historical sites of Liangkabori Cave and the Loghiya Cuba Mosque in Muna Regency have been used as a learning resource regarding prehistoric Indonesian history material and the process of entering and developing Islam in Indonesia. The presence of local history in the learning process is not to dictate the history of Indonesia, but that the presence of local history has the aim of breaking the ice in the learning space and to enrich historical objects that will be used in learning practices. Local history is very much needed in the process of transferring cultural values as part of a plan to foster the character of students. Opening the horizons of thinking that what is experienced today is an inseparable part of the past historical processes that exist around the environment of students. Keywords: Utilization of Liangkabori Cave, Cuba Loghiya Mosque, History Learning Resources.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Syukur, M. Hum. ; 2). Dr. Umasih, M. Hum.
Subjects: Ilmu Sejarah > Arkeologi
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 8159 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2020 10:15
Last Modified: 19 Dec 2020 10:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11973

Actions (login required)

View Item View Item