PENGARUH EFIKASI DIRI, KUALITAS INFORMASI, DAN PENANGANAN KONFLIK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN GURU (Studi pada Guru Mata Pelajaran Produktif SMK Negeri di DKI Jakarta)

Taufiq Damarjati, . (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI, KUALITAS INFORMASI, DAN PENANGANAN KONFLIK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN GURU (Studi pada Guru Mata Pelajaran Produktif SMK Negeri di DKI Jakarta). Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peran guru mata pelajaran produktif sangat vital dalam pengembangan kompetensi kejuruan lulusan SMK, khususnya di Jakarta sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Namun beberapa guru mata pelajaran produktif SMK di Jakarta masih memiliki kendala dalam pengambilan keputusan terutama dalam mendisiplinkan siswa, penentuan strategi pembelajaran, pembinaan siswa, dan pemberian apresiasi terkait capaian atau prestasi siswa. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh efikasi diri, kualitas informasi, dan penanganan konflik terhadap pengambilan keputusan guru. Metodologi yang digunakan adalah penelitian survei kuantitatif dengan analisis jalur yang mencoba memberikan gambaran tentang informasi yang sistematis, faktual dan akurat tentang fakta dan sifat-sifat pada objek penelitian. Penelitian ini melibatkan 292 guru mata pelajaran produktif SMK sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi perubahan efikasi diri, kualitas informasi, dan penanganan konflik secara bersama-sama dapat menjelaskan 51,2% (R2=0,512) variasi perubahan pada pengambilan keputusan guru mata pelajaran produktif. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa efikasi diri, kualitas informasi, dan penanganan konflik berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan guru mata pelajaran produktif SMK. Peneliti juga merekomendasikan pentingnya implementasi program-program terkait peningkatan efikasi diri, dan peningkatan kualitas informasi serta kapasitas penanganan konflik oleh pemerintah dan sekolah yang selama ini masih kurang mendapat perhatian. The role of vocational subjectteachers is very vital in developing vocational competency invocational high school graduates of Jakarta-the barometer of Indonesia economic growth and human resource development. However, some vocational subjectteachers in Jakarta still has problems on decision-making especially in disciplining, determining learning strategy, and guiding students as well as giving apreciationfor student achievement. Issues to be addressed in this study is the effect of self-efficacy, information qualiy, and conflict handling to teacher’s decision-making. The methodology used is quantitative survey researchwith path analysisthat tries to create a picture of systematic, factual and accurate information on the facts and the properties on a specific object. This research involves 292 vocational subjectteachers as samples. The results showed that the variation of changes in self-efficacy, information quality, and conflict handling together could explain 51.2% (R2= 0.512) of variations in changes in the decision making of vocationalsubject teachers.The resultsalsoindicated that self-efficacy, information quality, and conflict handling affect positevely on vocational subjectteacher decision-making. Researcher also recommends theimportance of implementing programs related to increasing of self-efficacy, and improvement to information quality as well as conflict handling capacity by government and school, which are still less concerned.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. H. Thamrin Abdullah, M.Pd; 2. Prof. Dr. Billy Tunas, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 7900 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:06
Last Modified: 30 Apr 2021 08:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item