HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 JAKARTA

DIMAS ARDIANSYAH HADISAPUTRA, . (2019) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III'.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (94kB)
[img] Text
PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan antara Kreativitas Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Jakarta berdasarkan data yang valid serta dapat dipercaya, Penelitian dilakukan di SMK PGRI 1Jakarta.Metode yang digunakan adalah metodesurvey. populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI akuntansi yang terdiri dari tiga kelas berjumlah 116siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 89siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data pada variabel Xl (kreativitas belajar), X2 (kemandirian belajar) diukur menggunakan kuisioner dengan skala likert dan variabel Y (hasil belajar) diukur menggunakan hasil rata-rata nilai ulangan harian pada mata pelajaran Akuntansi Keuangankelas Xl. Hasil analisis data menunjukan data yang digunakan berdistribusi normal (0,200>0,05) dan linear (X1=0,001 dan X2=0,001) Persamaan analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Ŷ= 25,177 + 0,306 X1 + 0,271 X2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kreativitas belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa dilihat dari perhitungan uji F dengan Fhitung(11,087)> Flabel(3,098) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Secara parsial, terdapat hubungan antara kreativitas belajar (Xl) dengan hasil belajar (Y) berdasarkan dari perhitungan uji t dengan thitung (2,935)> t tabel (1,663) dan adanya hubungan yangpositif dan signifikan antara variabcl kemandirian belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) berdasarkanuji t dengan thitung (2,938)> ttabel (1,663) dan koefisien korelasi (R) sebesar 0,453yang menandakan antara kreativitas belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar terdapat hubungan yang postif dan signifikan dengan koefisien determinasi 20,5%, sehingga variabel Y hasil belajar ditentukan oleh variabel Xl kreativitas belajar dan X2 kemandirian belajar scbesar 20,5%.Dengan demikian hasil belajar memiliki hubungan dengan kreativitas belajar dan kemandirian belajar secara positif dan signifikan pada mata pelajaran Akuntansi Keuangandi kelas XI SMK PGRI 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Mardi, M.Si ; 2). Ati Sumiati,S.Pd,M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Dec 2020 21:21
Last Modified: 23 Dec 2020 21:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12016

Actions (login required)

View Item View Item