MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II PADA SISWA KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur)

GISYA YULIANDHANI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II PADA SISWA KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (655kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT.pdf

Download (95kB)
[img] Text
JURNAL GISYA.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS, khususnya pada aspek kognitif dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Jigsaw II pada siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 07 Pagi, Jakarta Timur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar di atas ≥70 sebesar 63,8%. Namun, hasil tersebut belum memenuhi target. Oleh karena itu, penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar ≥70 meningkat menjadi 83,33%.Target pencapaian hasil belajar melalui cooperative learning tipe Jigsaw II adalah 80%. Dikarenakan data hasil belajar pada siklus II sudah mencapai target, maka penelitian berhenti pada siklus II. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe Jigsaw II sebagai metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 07 Pagi, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arifin Maksum, M.Pd., ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Nov 2019 11:23
Last Modified: 06 Nov 2019 11:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item