HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. POS INDONESIA DI JAKARTA TIMUR

MIRA KHUSUMA NINGRUM, . (2014) HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. POS INDONESIA DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DATA burning.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia, selama dua bulan terhitung sejak Mei 2014 sampai dengan Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pos Indonesia. Populasi terjangkaunya adalah karyawan divisi pelayanan PT. Pos Indonesia sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak propotional sebanyak 48 orang. untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk kepemimpinan transformasional (Variabel X) dan kepuasan kerja (Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk variable y kepuasan kerja. untuk variabel y, dari 39 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 9 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 30 butir pernyataan. dalam variabel x, pengujian validitas tidak dilakukan, karena penelitian menggunakan kuesioner replika. sehingga, peneliti hanya melakukan perhitungan reliabilitas. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil reliabilitas variabel x sebesar 0,71 dan hasil reliabilitas variabel y sebesar 0,86. hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah ŷ = 83,51 + 0,57x . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi y atas x dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0,1246, sedangkan L tabel untuk n = 48 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1279. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran y atas x berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan f hitung < f tabel yaitu 1,06 < 2,03, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan f hitung > f tabel , yaitu 25,12 > 4,05, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,596, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 5,03 dan ttabel = 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,596 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 35,52% yang menunjukkan bahwa 35,52% variasi kepemimpinan transformasional ditentukan oleh kepuasan kerja. **************** This research have been done for 2 months since May 2014 until June 2014. The research method adopted in the study is a survey method with a correlational approach. The population in the study is all staff at PT. Pos Indonesia. The population in the study is the 50 staff of customer service division. The sampling technique used in the study is proportionally random sample, counted 48 in total. For collecting the data of the two variables, questionnaire with Likert Scale was used as the tool in gaining the data for transformational leadership (Variable X) and work satisfaction (Variable Y). Before the instrument was distributed, its validity for variable Y “work satisfaction’ was tested. After it was validated, 9 of 39 statement items were considered invalid, whereas the rest is valid (39 items). For variable X, its validity was not tested since the study adopted replica questionnaire. The writer only measured the reliability test. The measurement of reliability of both variables adopted Alpha Cronbach formula. The reliability result for variable X is 0.71 and for variable Y is 0.86. This finding proves that the instrument is reliable. The regression equation is Ŷ =83.51 + 0.57x .The prerequisite analysis test in the study is normality test of estimated error of regression Y for X with Liliefors test Lcount = 0.1246, meanwhile L Table for n = 48 with level of significance 0.05 is 0.1279. Since Lcount<Ltable therefore the estimated error of regression Y for X was considered normally distributed . Test of regression linearity Fcounting<Ftable, that is 1.06<2.03, therefore it is concluded that the regression linearity is considered linear. Based on the test of regression the result shows Fcount> FTable , that is,25.12>4.05. This indicates that the regression equation is significant. The correlation coefficient of Pearson Product Moment showed Rxy = 0.596, then the test of correlation coefficient was proceeded by T test resulted in Tcount= 5.03 and Ttable=1.68. Hence, it can be concluded thatthe correlation coefficient Rxy= 0.596 is considered significant. Determination correlation obtained from the finding is 35.52% indicating that the variation of transformational leadership is determined by work satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Umi Widyastuti, SE., ME. ; 2). Osly Usman, M. Bus.
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 30 Dec 2020 15:03
Last Modified: 30 Dec 2020 15:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12120

Actions (login required)

View Item View Item