HUBUNGAN ANTARA ATRIBUT PRODUK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA WARGA RW 002 KELURAHAN JATINEGARA KAUM, KECAMATAN PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR

NOVIE TRI LESTARI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA ATRIBUT PRODUK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA WARGA RW 002 KELURAHAN JATINEGARA KAUM, KECAMATAN PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NOVIE TRI LESTARI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di RW 002 Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Selama empat bulan terhitung sejak Maret 2014 sampai dengan Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh RW 002 Kelurahan Jatinegara Kaum. Populasi terjangkaunya adalah Warga RT 007 RW 002 Kelurahan Jatinegara Kaum sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 30 orang. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Atribut Produk (Variabel X) dan Loyalitas Pelanggan (Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 36 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 6 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 30 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 28 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 3 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri 25 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,919 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,921. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalahŶ = 46,99 + 0,43X . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung =0,0893, sedangkan L tabel untuk n = 40 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,140. Karena Lhitung<Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung<F tabel yaitu 0,86<2,42, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung>F tabel , yaitu 15,64> 4,10, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,540, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung =3,955 dan ttabel=1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,540 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 29,16% yang menunjukkan bahwa 29,16% variasi loyalitas pelanggan ditentukan oleh atribut produk. ******************** The research was conducted at Community District 002 Jatinegara Kaum, Pulogadung, East Jakarta, for four months from March 2014 until June 2014. The research methodused is survey method with the correlational approach. Population in this research is all of Community District 002 Jatinegara Kaum, Pulogadung, East Jakarta, whereas the possible populations who employees of RT 007, amounting to 40 people. The technique which is used in gathering the sample was simple random sampling about 30 peoples. To capture data from these two variables are used questionnaire Likert scale models for Product Attribute (variable X) and Customer Loyalty (Variable Y). Before the instrument is used tested the validity for both variables. For variable X, from 36 points statement after statement validated there are 6 points that drop invalid, while meeting the criteria or a valid statement consists of 30 points. For variable Y, From 28 points statement after statement validated contained 3 points that drop invalid, while meeting the criteria or invalid items comprised 25 statements. Reliability calculation of both variables using Cronbach Alpha formula. The results of the X variable reliability of 0.846 and the reliability of variable Y at 0.875. These results prove that the instrument is reliable. The resulting regression equationis Ŷ=46.99+0.43X. Testrequirements analysis of the normality tester or of estimated regression of Y on X to produce Lcount liliefors test=0,0893, while the Ltable for n= 40 at 0.05 significant levelis 0.140. Because the Lcount<Ltable then an error estimate of Y on X is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcalculated<Ftable is 0,86<2.42, so it was concluded that the linear equation regression. From test significance regression produces Fcount>Ftable, which is 15.64>4.10, meaning that the regression equationis significant. Correlation coefficient of Pearson Product Moment generating rxy=0,540, then performed the test significance correlation coefficient using the t testandthe resulting tcount=3,955 and Ttable=1,68. It can be concluded that the correlation coefficient rxy=0.540 is significant. The coefficient of determination obtained for 29,16% which shows that 29,16% of the variation of customer loyalty determined by the product attribute.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setyo Ferry Wibowo, S.E, M.Si. ; 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 30 Dec 2020 17:56
Last Modified: 30 Dec 2020 17:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12135

Actions (login required)

View Item View Item