PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 10 JAKARTA TIMUR

LUTHFYANA KHOIRINNISA, . (2018) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 10 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
3.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (521kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x otomatisasi perkantoran pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran di SMK Negeri 10 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan, terhitung dari bulan Februari 2018 sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 10 Jakarta Timur yang berjumlah 721 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Otomatisasi Perkantoran SMK Negeri 10 Jakarta Timur. Teknik yang digunakan adalah teknik acak proporsional. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari disiplin belajar dan kemandirian belajar sebesar 0,106 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 9,392 < 10. Sedangkan hasil uji heteroskedastisitas disiplin belajar melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi 0,823 > 0,05 dan kemandirian belajar 0,818 > 0,05. Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 52,142Y + 2,132 X1 + 0,143X2. Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitung > Ftabel), yaitu sebesar 1581,144 > 4,00. Kedua, berdasarkan hasil uji t maka (thitung > ttabel ), yaitu disiplin belajar sebesar 15,393 > 2,004 dan kemandirian belajar sebesar 3,099 > 2,004. Berdasarkan uji koefisien determinasi, disiplin belajar dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 98,3% sedangkan sisanya 1,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Otomatisasi Perkantoran pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 10 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Nuryetty Zain,MM ; 2). Susan Febriantina,S.Pd.,M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Dec 2020 15:11
Last Modified: 31 Dec 2020 15:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12140

Actions (login required)

View Item View Item