MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DENGAN HASIL MAKSIMAL 20 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS III ( Penelitian Tindakan Kelas di SLB BC Cempaka Putih )

Herdi Egi Perdana, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DENGAN HASIL MAKSIMAL 20 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS III ( Penelitian Tindakan Kelas di SLB BC Cempaka Putih ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
PDF Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan dengan hasil maksimal 20 pada peserta didik tunarungu kelas III di SLB BC Cempaka Putih dan dilaksanakan pada bulan September 2015 sampai bulan Oktober 2015.subjek penelitian adalah peserta didik tunarungu kelas III di SLB BC Cemapaka Putih yang berjumlah dua peserta didik. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan penjumlahan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang pada setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahpan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa lembar instrument kemampuan penjumlahan bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media realia dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan. Prosentase kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunarungu siklus I, yaitu Melati; 70%, dan Mawar; 50%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase perolehan skor pada kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunarungu, yaitu Melati; 90%, dan Mawar; 80%. penelitian ini berhasil, peningkatan persentase kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunarungu. kelas III di SLB BC Cempaka Putih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Indina Tarjiah, M.Pd ; Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2019 14:36
Last Modified: 06 Nov 2019 14:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item