HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PEMASARAN SMKN 48 JAKARTA

PRAMASETA KHALIFFA, . (2014) HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PEMASARAN SMKN 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PRAMA SKRIPSI 8105092857-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara sikap dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMKN 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan Oktober 2013 sampai dengan Desember 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 48 Jakarta. Sedangkan populasi terjangkaunya sebanyak 55 siswa Kelas X Pemasaran SMKN48 Jakarta. Berdasarkan tabel penentuan sampel dari Isaac dan Michael dapat diambil sampel sebanyak 48 Siswa dari jumlah populasi terjangkau. Dari hasil perhitungan diperolah persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 57,29 + 0,23X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukan bahwa galat taksirana regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukan bahwa Lhitung (0,0783) < Ltabel (0,1279) dengan menggunakan Uji Liliefors pada taraf signifikan (α) = 0,05. Dalam uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan Tabel Analisis Varian (ANAVA), Hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 80,11 > Ftabel = 4,05 yang menyatakan regresi berarti. Hasil uji linieritas regresi diperoleh Fhitung = 0,70 < Ftabel = 1,97 yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Koefisien korelasi yg dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment menghasilkan rXY sebesar 0,797 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 8,951 dan ttabel sebesar 1,68. Dikarenakan thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran SMKN48 Jakarta. Perhitungan koefisien determinasi menunjukan 63,52% variasi variabel Y ditentukan oleh Variabel X. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yg positif antara sikap dalam pembelajran dengan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran SMKN 48 Jakarta. Hal tersebut berarti semakin baik sikap dalam pembelajaran maka semakin baik pula prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran SMKN 48 Jakarta. **************** This study aims to determine whether there is a positive Correlation between attitudes in learning with student achievement X Marketing Class SMK 48 Jakarta. This research was conducted for 3 months starting from October 2013 until December 2013. The method used is a survey method with the correlational approach. The population in this study were all students of SMK 48 Jakarta. While the accessibility of the population to 55 students X Marketing Class SMKN48 Jakarta. Based on the sampling table of Isaac and Michael can take a sample of 48 students from the population of affordable. Calculation results obtained from a simple linear regression equation y = 57.29 + 0.23 X Test requirements analysis to test the normality of the estimated regression error Y over X shows that the regression error taksirana Y over X is normally distributed. This is evidenced by calculations that show that Lcount (0.0783) < Ltabel (0.1279) using Liliefors test at significance level (α) = 0.05. In a test of significance and linearity regression using Table Variant Analysis (ANOVA), the significance of test results obtained by regression of Fcount = 80.11> Ftabel = 4.05 were declared significant regression. Results of regression linearity test of Fcount = 0.70 < Ftable = 1.97 which indicates that the regression model used is linear. Correlation coefficient which is calculated using the formula produces rxy Product Moment of 0.797 while the results of significance tests obtained t of 8.951 and 1.68 Ttable. Due Tcount > Ttable then concluded that there was a significant Correlation between attitudes in learning with student achievement X Marketing Class SMKN48 Jakarta. The calculation of the coefficient of determination showed 63.52% of the variation variable Y is determined by variable X. Research conclusion is that there is a positive Correlation between attitudes in learning with student achievement X Marketing Class SMK 48 Jakarta. That means the better attitude in learning the better the student achievement X Marketing Class SMK 48 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tjutju Fatimah, M.Si. ; 2). Dra. Corry Yohana, MM.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 04 Jan 2021 15:42
Last Modified: 04 Jan 2021 15:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12196

Actions (login required)

View Item View Item