PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK TIRTA SARI SURYA JAKARTA

SARAH NURBAITILLAH, . (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK TIRTA SARI SURYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK SARAH.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI SARAH.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SARAH.pdf

Download (100kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS SARAH.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SARAH.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh fasilitas belajar dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas X Administrasi Perkantorandi SMK Tirta Sari Surya Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhitung mulai dari bulan Oktober 2018 sampai dengan Januari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Tirta Sari Surya Jakarta yang berjumlah 695 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tirta Sari Surya Jakarta yang berjumlah 138 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik acak proporsional. Data hasil belajar (Y) merupakan data sekunder, sedangkan data fasilitas belajar (X1) dan gaya belajar visual (X2) merupakan data primer dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari variabel fasilitas belajar dan gaya belajar visual sebesar 0,771 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,297 < 10. Untuk hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi fasilitas belajar sebesar 0,986 > 0,05 dan gaya belajar visual 0,942 > 0,05. Uji persamaan regresi yang diperoleh yaitu Ŷ = 31,119 + 0,318 X1+ 0,126 X2. Untuk hasil uji F berdasarkan tabel ANOVA, diperoleh Fhitungsebesar 44, 391 > Ftabel3,09 yang artinya fasilitas belajar dan gaya belajar visual secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Sedangkan hasil uji t diperoleh thitungfasilitas belajar sebesar 7,063 > ttabel1,985, yang artinya fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Sedangkan thitunggaya belajar visual sebesar 2,093 > ttabel1,985, yang artinya gaya belajar visual berpengaruh terhadap hasil belajar. Kemudian untuk uji koefisien determinasi diperoleh 0,478, yang artinya terdapat pengaruh variabel bebas yaitu fasilitas belajar dan gaya belajar visual terhadap variabel terikat yakni hasil belajar sebesar 47,8% dan sisanya sebesar 52,2% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuryetty Zain, M.M, ; 2). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Jan 2021 16:13
Last Modified: 06 Jan 2021 16:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12230

Actions (login required)

View Item View Item