HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMKN 23 JAKARTA

SARAS RISTIANI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMKN 23 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR DLL.pdf

Download (244kB)
[img] Text
skripsi 2013.pdf

Download (564kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang apakah terdapat hubungan antara Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan Motivasi Berwirausaha. Penelitian ini dilakukan di SMKN 23 Jakarta selama dua bulan terhitung sejak November 2013 sampai dengan Januari 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 23Jakarta. Sampel dalam penelitian ini di ambil 50% dari populasi yaitu sebanyak 106 orang. Untuk menjaring data dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan (variabel X) menggunakan data sekunder, yaitu hasil belajar siswa SMKN 23 Jakarta yang telah mempelajari pelajaran kewirausahaan. Sedangkan untuk Motivasi Berwirausaha (variabel Y) digunakan kuesioner model skala likert. Perhitunan reliabilitas variabel Y menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas varibel Y sebesar 0,940 yang dibuktikan dengan uji reliabilitas. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliabel. Uji Keberartian koefisien dan kelinieran regresi dengan menggunakan table ANAVA diperoleh keberartian koefisien regresi Fhitung = 46,78 > Ftabel = 3,91 yang menyatakan regresi sangat berarti serta uji linieritas regresi yang menghasilkan Fhitung 0,96 <Ftabel 1,88 yang menunjukan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Perhitungan koefisien korelasi dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,557. Uji signifikasi koefisien korelasi menghasilkan thitung 6,84 >ttabel 1,66. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan erat antara hasil belajar kewirausahaan dengan motivasi belajar. Perhitungan Koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,3103, hal ini berarti variasi variabel motivasi berwirausaha dipengaruhi oleh variabel hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan sebesar 31,03 %. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan Motivasi Berwirausaha pada Siswa SMKN 23 Jakarta. *********** This study aims to obtain empirical data valid, and reliable (reliable) about whether there is a relationship between the results of Entrepreneurship Study Subjects with Motivation Entrepreneurship. This research was conducted at SMKN 23 Jakarta for two months, starting from November 2013 until January 2014. The method used was a survey method with the correlational approach. The sampling technique used is simple random technique. The population in this study were students of SMK Negeri 23 Jakarta. Samples taken in this study 50% of the population as many as 106 people. To capture the data of Entrepreneurship Subject Learning Outcomes (variable X) using secondary data, ie learning outcomes SMKN 23 Jakarta students who have studied the lessons of entrepreneurship. As for Entrepreneurship Motivation (variable Y) questionnaire used Likert scale models The intentional reliability Y variables using Cronbach alpha formula. The results of variable Y for 0.940 reliability as evidenced by the reliability test. This result proved that the instrument is reliable. Test the significance of regression coefficients and linearity using ANOVA table of regression coefficients obtained significance of Fcount= 46.78 > Ftable= 3.91 which states very significant regression and the linearity test which resulted in regression of Fcount 0,96 < 1.88 Ftable which indicates that the regression model used is linear. Correlation coefficient calculation formula produces rxy Product Moment of 0.557. Correlation coefficient significance test produces tcount 6.84 > 1.66 ttable. This means that there is a strong positive relationship between entrepreneurial learning outcomes and motivation to learn. Calculation of coefficient of determination obtained yield was 0.3103, this means that variations in entrepreneurship motivational variables affected by the outcome variables studied entrepreneurship subjects of 31.03 %. The results of the calculations conclude that there is a positive relationship Entrepreneurship Subject Learning Outcomes with Entrepreneurship Motivation on Students of SMKN 23 Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd. ; 2). Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jan 2021 17:12
Last Modified: 08 Jan 2021 17:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12279

Actions (login required)

View Item View Item