PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP KESIAPAN SEKOLAH (SCHOOL READINESS) ANAK USIA 5-6 TAHUN (Survei pada Orangtua dari Anak TK B di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur)

IKA SUBEKTI, . (2016) PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP KESIAPAN SEKOLAH (SCHOOL READINESS) ANAK USIA 5-6 TAHUN (Survei pada Orangtua dari Anak TK B di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (655kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (91kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai persepsi orangtua terhadap school readiness anak usia 5-6 tahun di wilayah Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur dengan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik studi proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orangtua terhadap school readiness anak usia 5-6 tahun berada pada kategori cukup baik dalam 5 aspek yang meliputi aspek kesehatan dan perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, modalitas belajar anak, perkembangan bahasa dan komunikasi, serta perkembangan kognitif dan pengetahuan umum. Persepsi yang baik ditunjukkan pada aspek perkembangan sosial emosional sebesar 60%, sementara untuk aspek yang lain secara dominan berada pada kategori cukup baik. Persepsi yang berada pada kategori kurang dengan prosentase terbesar ialah pada aspek modalitas belajar anak yang mencapai 48% dan aspek perkembangan bahasa dan komunikasi yang mencapai 36%. Penelitian ini secara praktis menunjukkan bahwa orangtua berada pada level yang cukup baik dalam memahami, menginterpretasi dan melakukan tindakan berkaitan dengan school readiness anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Dr. Nurjannah, S.P., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Nov 2019 16:07
Last Modified: 06 Nov 2019 16:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item