PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 2 JAKARTA

VIA HALIDA ADZANI, . (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (294kB)
[img] Text
PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2019. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Jakarta yang berjumlah 671 orang. Adapun populasi terjangkau adalah siswa kelas XII berjumlah 205 orang yang terdiri dari jurusan (Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Akuntansi, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional random sampling), sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 127 responden. Data variabel Y (Minat Melanjutkan Pendidikan), X1 (Motivasi Belajar), X2 (Lingkungan Teman Sebaya) merupakan data primer. Teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan mengguanakn teknik uji prasyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas, uji persamaan regresi berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh parsial antara motivasi belajar dan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung motivasi belajar sebesar 3,685 > ttabel 1,979. Kemudian dapat dilihat dari analisis data thitung lingkungan teman sebaya sebesar 6,279 > ttabel 1,979. Motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersamaan berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan, hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 47,204 > Ftabel 3,07. Dengan persamaan regresi berganda yang didapatkan adalah Y = 6,631 + 0,281X1 + 0,566X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,432 yang artinya motivasi belajar (X1) dan lingkungan teman sebaya (X2) berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan (Y) sebesar 43,2 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra Rr. Ponco Dewi K, M.M ; 2). Marsofiyati, S.Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Jan 2021 17:32
Last Modified: 11 Jan 2021 17:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item View Item