ABDA’U IKA QIFTIYANI, . (2019) DESIGN RESEARCH: PEMBELAJARAN KONSEP OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 90 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (150kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (178kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (241kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) |
|
Text
11a. BAB I.pdf Download (519kB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa dapat memhami konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Penelitian dilakukan mulai dari penyusunan proposal sampai dengan laporan hasil penelitian. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design research. Terdapat tiga fase penelitian yang digunakan pada penelitian design research, yaitu thought experiment (fase eksperimen hasil pemikiran), instruction experiment (fase eksperimen mengajar), dan analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 90 Jakarta. Data yang dikumpulkan berupa rekaman video dan foto selama pembelajaran berlangsung, hasil wawancara siswa, hasil kerja siswa, hasil diskusi, serta catatan lapangan di setiap pertemuan. Instrumen yang digunakan antara lain dokumentasi berupa rekaman video dan foto, lembar wawancara, lembar aktivitas siswa, lembar catatan lapangan, dan Hipotesis Lintasan Belajar (HLB). Ada dua jenis validitas pada penelitian ini yakni validitas internal dan validitas eksternal, sedangkan reliabilitas yang ada yakni reliabilitas internal dan reliabilitas eksternal. Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar siswa mengalami perkembangan melalui aktivitas dalam pembelajaran yang telah dirancang. Proses pembelajaran melalui rangkaian aktivitas berjalan sesuai dengan HLB yang sudah dirancang sebelumnya. Rangkaian aktivitas yang berkaitan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang memperhatikan karakteristiknya pada penelitian design research ini dapat mengembangkan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar siswa. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, karakteristik PMRI berperan dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di SMP Negeri 90 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Aris Hadiayan Wijaksana, M.Pd ; 2). Puspita Sari, S.Pd, M.Sc |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 11:31 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 11:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12320 |
Actions (login required)
View Item |